Acil Odah Turut Berperan Dalam Pengendalian Inflasi di Banua

Hj Raudatul Jannah S.KM M.Kes atau biasa disapa Acil Odah sebagai Plt Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalimantan Selatan (Kalsel) mempunyai peran cukup besar atas upaya pengendalian inflasi di banua. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com Hj Raudatul Jannah S.KM M.Kes atau biasa disapa Acil Odah sebagai Plt Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalimantan Selatan (Kalsel) mempunyai peran cukup besar atas upaya pengendalian inflasi di banua.

Dukungan Ketua TP PKK Kalsel ini membuahkan hasil Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin memperoleh anugerah KPID Award 2023 yang diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada, Jumat (14/06/2024) di Istana Negara Jakarta.

Acil Odah yang sejak tahun 2023 menjabat sebagai Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel dan saat ini masih berstatus Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) setelah ditugasi sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalsel, Acil Odah terlibat langsung diberbagai kegiatan pengendalian inflasi, seperti Pasar Murah TPID sampai operasi pasar beras murah.

Secara maraton, TPID Kalsel yang bekerja sama dengan TP PKK Kalsel ini, telah menyelanggarakan pasar murah di 13 kabupaten kota se-Kalsel, khususnya pada saat-saat yang dimungkinkan terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok di masyarakat.

Alhasil, harga kebutuhan pokok di Kalsel relatif stabil, meskipun pada bulan Ramadan atau menjelang lebaran dan tahun baru.

Pasar murah pun diikuti beberapa SKPD lingkup Pemprov Kalsel seperti Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan Pekerbunan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura, Dinas Kelautan dan Perikanan, kemudian Bulog, dan para pelaku usaha.

Begitu juga dengan operasi pasar beras bersubsidi, menjadi upaya Pemprov Kalsel melalui Biro Perekonomian Setdaprov untuk membantu warga mendapatkan beras dengan harga murah di bawah pasar sekaligus untuk mengendalikan gejolak harga beras agar tidak terjadinya inflasi.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin memperoleh anugerah KPID Award 2023 yang diserahkan Presiden RI Joko Widodo kepada, Jumat (14/06/2024) di Istana Negara Jakarta. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Tak hanya itu, Pemprov Kalsel juga melakukan kegiatan pasar murah dan pembagian beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) secara gratis kepada warga miskin seberat 2 kilogram.

Tak hanya terlibat dalam pelaksanaan pasar murah dan kegiatan lain, Acil Odah tak pernah ketinggalan untuk mendampingi Paman Birin saat membuka secara resmi berbagai kegiatan lainnya dalam upaya pengendalian inflasi.

“Sebagaimana yang telah disampaikan Bapak Gubernur, kami bersyukur dan terimakasih. Ini menjadi semangat kami, Insya Allah kedepan TPID Kalsel akan terus menjaga pengendalian inflasi untuk kemudahan bagi masyarakat Banua,” kata Acil Odah.

Diketahui, Paman Birin menerima TPID Award 2023 di Jakarta, lantaran Kalsel menjadi Provinsi Berkinerja Terbaik di wilayah Kalimantan dalam hal pengendalian inflasi.

Penghargaan ini bukan kali pertama diterima Paman Birin. TPID Award 2022 Regional Kalimantan juga pernah diterima pada tahun 2023.

Keberhasilan ini, kata Paman Birin, saat itu, adalah bukti sinergitas dan kerjasama yang baik antara Pemprov Kalsel bersama seluruh stakeholders dalam upaya pengendalian inflasi di Banua, termasuk TP PKK Provinsi Kalsel di bawah kepemimpinan Acil Odah.

Pemerintah pusat memberikan TPID Award 2024 atas dasar keberhasilan Paman Birin selaku Guberrnur Kalsel. antara lain dalam upayanya melakukan sinergi pengembangan padi apung dan pemanfaatan BTT untuk operasi pasar dalam rangka pengendalian inflsi beras.

Penganugerahan TPID Award diberikan kepada daerah yang berhasil mengendalian inflasi setempat. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *