oleh

Bacaan Niat Salat Isya Sendiri dan Berjamaah

-Religi-4.697 views

Katajari.com Setiap umat Muslim diwajibkan untuk selalu menunaikan salat 5 waktu mulai dari subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Simak bacaan niat salat Isya sendiri, imam dan makmum berikut.

Bagi Anda yang ingin memastikan bacaan niat salat Isya sendiri, imam dan makmum yang benar, simak ulasan singkat berikut ini.

Bacaan Niat Salat Isya Sendiri dan Berjamaah

Perintah menjalankan salat fardhu adalah wajib sebagaimana Allah SWT telah bersabda dalam Surat Al-Baqarah ayat 43 yang berbunyi sebagai berikut.

“Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk,” (QS. Al-Baqarah: 43)

Setiap salat fardu memiliki keistimewaannya masing-masing dan itu tidak terkecuali dengan salat Isya.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadist diriwayatkan Imam Muslim bahwa siapa saja yang melaksanakan salat Isya maka seperti orang yang melaksanakan salat di separuh malam.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa melaksanakan salat isya secara berjemaah, maka dia seperti telah melaksanakan salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa melaksanakan salat subuh secara berjemaah, maka dia seperti telah salat seluruh malam.” (HR. Muslim).

Salat Isya terdiri dari atas 4 rakaat dengan 2 takhiyat. Salat Isya memiliki waktu lebih lama untuk mengerjakannya yakni dimulai setelah awan merah menghilang hingga sebelum memasuki waktu Subuh.

Sebelum melaksanakan salat, diwajibkan berniat terlebih dahulu. Berikut ini adalah bacaan niat salat Isya yang dilaksanakan secara sendiri maupun berjamaah.

Niat secara Sendiri 

“Ushalli fardlol I’syaa-i Arba’a Rakaataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.”

Artinya: “Aku niat melakukan salat fardu Isya empat rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.”

Niat Sholat Isya sebagai Imam

“Ushalli fardlol I’syaa-i Arba’a Rakaataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an imamman lillahi ta’aala”

Artinya: “Artinya: Aku niat melakukan salat fardu Isya empat rakaat, sambil menghadap qiblat sebagai makmum karena Allah ta’ala.”

Niat Sholat Isya sebagai Makmum

“Ushalli fardlol I’syaa-i Arba’a Rakaataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an ma’muman lillahi ta’aala.”

Artinya: “Aku niat melakukan salat fardu Isya empat rakaat, sambil menghadap qiblat sebagai makmum karena Allah ta’ala.”

Demikian adalah bacaan niat salat Isya secara sendiri, sebagai imam maupun sebagai makmum yang wajib untuk dipahami. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan mengenai niat salat Isya berserta waktu pelaksanaannya. (yoursay.id)

Komentar

Tinggalkan Balasan