Bali United Kampiun Liga 1, Lolos Liga Champions Asia

Olahraga1,956 Views

Katajari.com Kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 telah rampung digelar pada Kamis (31/3/2022) malam. Simak klasemen akhir dan serba-serbinya mulai dari tim yang juara dan lolos ke Liga Champions Asia, Piala AFC, hingga yang harus turun kasta serta daftar top skor kompetisi.

Bali United yang sudah memastikan gelar juara sebelum pekan terakhir kompetisi, menutup musim dengan manis lewat kemenangan 3-1 atas Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali tadi malam.

Bali United memuncaki klasemen akhir BRI Liga 1 musim ini dengan koleksi 75 poin dari 34 pertandingan, unggul enam poin atas tim peringkat kedua, Persib Bandung.

Sebagai reward jadi kampiun, Bali United pun berhak tampil di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2023. Andai pun gagal lolos ke fase grup, satu tiket ke kompetisi Piala AFC (kompetisi antarklub Asia kasta kedua) sudah pasti di tangan tim Serdadu Tridatu –julukan Bali United.

Sementara itu, Persib sebagai runner-up liga musim ini juga akan tampil di fase grup Piala AFC tahun depan.

Sedangkan posisi ketiga di klasemen akhir Liga 1 2021/2022 akhirnya disegel oleh Bhayangkara FC. Juara Liga 1 2017 itu pun berhak tampil di play-off Piala AFC 2023.

Beralih ke tim-tim yang terdegradasi, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, dan Persiraja Banda Aceh harus rela turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Ketiga klub tersebut akan digantikan Persis Solo, RANS Cilegon FC dan Martapura Dewa United yang sudah dipastikan promosi ke kasta tertinggi. (suara.com)

Daftar Top Skor Liga 1 2021/2022:

23 gol: Ilija Spasojevic (Bali United)
20 gol: Ciro Alves (Tira Persikabo), Carlos Fortes (Arema FC)
19 gol: Youssef Ezzejjari (Persik Kediri)
17 gol: Taisei Marukawa (Persebaya Surabaya)
15 gol: Francisco Torres (Borneo FC)
14 gol: Marko Simic (Persija Jakarta)
11 gol: Ezechiel Ndouassel (Bhayangkara FC), Rafael Silva (Barito Putera), Wander Luiz (PSS Sleman), Dimas Drajad (Persikabo), Samsul Arif (Persebaya).

Daftar Penghargaan Liga 1 2021/2022:

Juara: Bali United
Top Skor: Ilija Spasojevic (Bali United)
Pemain Terbaik: Taisei Marukawa (Persebaya)
Pelatih Terbaik: Aji Santoso (Persebaya)
Pemain Muda Terbaik: Marselino Ferdinan (Persebaya)
Gol Terbaik: Carlos Fortes (Arema FC)
Tim Fair Play: Madura United
Wasit Terbaik: Thoriq Alkatiri

Tinggalkan Balasan