oleh

Bantu Penuhi Stok Darah Pasien Thalasemia, Walikota Banjarbaru Donor Darah

Katajari.com Mengawali kegiatan setelah satu bulan lebih menjalani masa penyembuhan pasca operasi di bagian kaki, Walikota Banjarbaru, H. M Aditya Mufti Ariffin langsung menggebrak dengan aksi sosial donor darah di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru, Selasa (19/7/2022) pagi.

Direktur RSD Idaman Banjarbaru, Dokter Danny Indrawardhana MMRS, Kabag Tata Usaha Budi Yulistianto dan Kasi Sarpras Medik Harun Arrasyid, turut mendampingi aksi sosial donor darah oleh orang nomor satu Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Satu kantong darah didonorkan oleh Walikota Banjarbaru untuk kebutuhan masyarakat yang berobat di rumah sakit milik pemerintah setempat.

Walikota Banjarbaru mengungkapkan, pemenuhan stok darah di setiap fasilitas kesehatan menjadi hal yang perlu diperhatikan secara serius.

Mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan, ujar Aditya, perlu dengan membangkitkan kesadaran masyarakat luas untuk ikut serta dalam aksi sosial donor darah yang kerap dilaksanakan di wilayah Kota Banjarbaru.

“Donor darah secara sukarela perlu dimaknai dan diteladani oleh seluruh masyarakat karena dengan setiap tetesan darah dapat memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kehidupan orang lain yang membutuhkan,” katanya.

Menurut Aditya, donor darah merupakan tindakan kemanusiaan yang tidak ternilai serta merupakan penegasan akan arti penting persaudaraan, soliditas, dan kepedulian terhadap sesama.

Sehingga diharapkannya aksi solidaritas yang kuat tidak muncul hanya saat terjadi bencana, tapi juga dalam keseharian.

“Saya berharap di Banjarbaru aksi solidaritas juga muncul dalam keseharian, dan donor darah adalah salah satu contohnya,”┬ábeber Walikota.

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin (tengah) berada di RSD Idaman Kota Banjarbaru, Selasa (19/7/2022). (Foto: Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru)

Di sisi lain, Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, Dokter Danny Indrawardhana MMRS, mengutarakan kunjungan Walikota Banjarbaru mengikuti program donor darah cukup membuat pihak rumah sakit terkejut.

Pasalnya, agenda ini belum pernah sekalipun dibahas atau direncanakan sebelumnya.

Selain itu, diakui Dokter Danny bahwa kedatangan Walikota Banjarbaru begitu tepat momentumnya, karena hari ini banyak pasien thalasemia melakukan proses transfusi darah.

Dapat dipastikan bahwa darah yang telah disumbangkan Walikota Banjarbaru, selanjutnya akan ditransfusikan terhadap pasien.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Walikota karena kepercayaan beliau dengan melakukan donor darah di RSD Idaman. Sedikit banyaknya ini memberikan dampak luar bisa bagi pasien kami, khusunya pasien thalasemia yang kami jadikan sebagai layanan unggulan,” terangnya.

Terkhusus pula, lanjut Dokter Danny, moment ini memberikan motivasi bagi jajaran manajemen RSD Idaman Banjarbaru untuk terus berinovasi ke depannya.

“Tentu sangat memotivasi kami untuk terus mengembangkan layanan yang paripurna bagi para pasien,” ucapnya penuh optimis. (Humas RSD Idaman Banjarbaru)

Komentar

Tinggalkan Balasan