Cara Cepat dan Alami Mengatasi Kram Perut Mendadak

Kesehatan1,553 Views

Katajari.com Ketika sedang melakukan beberapa aktifitas, tak jarang seseorang mengalami kondisi kram perut mendadak.

Tentu saja, kram perut ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yakni gangguan pencernaan, usus buntu, peradangan, hingga faktor makanan.

Ketika sudah mengetahui penyebab kram perut ada baiknya Anda melakukan sejumlah langkah agar tidak terulang kembali.

Untuk itu, berikut kami rangkum cara cepat mengatasi perut kram.

1. Kompres perut dengan alat kompres atau botol berisi air hangat

Untuk meredakan rasa kram, kamu bisa mengompres perutmu dengan botol air hangat. Caranya mudah kok, kamu tinggal tiduran sambil menempelkan botol itu ke perut kamu. Cara ini cukup efektif untuk meredakan rasa sakit dan membuat otot perut yang kencang menjadi lebih rileks.

2. Mengonsumsi obat

Jika rasa sakitnya tak kunjung hilang, kamu bisa minum obat khusus untuk mengobati perut kram seperti naproxen, acetaminophen, dan ibuprofen. Pilih salah satu saja dari ketiga obat itu. Kamu bisa mendapatkan semua obat itu di apotek.

3. Coba minum wedang jahe

Jahe punya banyak manfaat untuk tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa meredakan nyeri pada perut. Kamu juga bisa membuat wedang jahe ini di rumah.

Bahan yang kamu siapkan hanya, jahe, serai, daun pandan, dan sedikit garam. Semua bahan itu kamu masukkan ke dalam air yang mendidih. Kemudian kamu rebus hingga tercium aroma khas wedang jahe. Setelah itu bisa kamu nikmati.

4. Usahakan tidur atau setidaknya istirahat lebih awal

Memiliki tidur cukup bisa membantu menghilangkan rasa kaku di perut. Terlebih cara ini bisa meredakan rasa sakit karena kamu tak lagi banyak bergerak. Jadi saat pertama merasakan rasa kram, cobalah utuk istirahat dan tidur cukup waktu.

5. Lakukan hal ini jika kram perut tak kunjung sembuh

Jika minum obat kram tak kunjung hilang, kamu perlu waspada. Karena jika kram terjadi hingga berhari-hari, artinya ada yang salah dengan tubuhmu.

Karena pada umumnya kram hanya terjadi dalam sehari atau dua hari saja paling lama. Apabila kamu mengalami kram tidak hilang selama dua hari lebih, kamu perlu periksakan ke dokter.

6. Usahakan banyak mengonsumsi air putih

Air putih sangat bagus ketika alami kram perut, cara ini bisa membantu membersihkan sistem pada tubuh kamu.

Selain itu, air putih juga mampu mengurangi kadar asam lambung, sehingga sangat baik untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa menyiksa ini pada perut.

Kram yang tak kunjung sembuh bisa menjadi masalah serius. Seperti gangguan pankreas, esofagus, tifus, penyakit celiac, dan gangguan reproduksi pada wanita.

Nah kalau kamu mengalami rasa kaku di perut yang tak kunjung sembuh, segeralah periksakan ke dokter. (suara.com)

Tinggalkan Balasan