oleh

Dewi Memotivasi Inovasi Bank Sampah di Kabupaten Banjar

-Banjar-2.605 views

Katajari.com Untuk lebih memotivasi keberadaan semua Bank Sampah yang ada di Kabupaten Banjar, diangkatlah tema ”Bank Sampah Maju Dengan Inovasi” di program talkshow “Bakisah” ( Bijak kelola sampah ) disiarkan live di Radio Suara Banjar, Kamis ( 27/01/22) pagi.

Menghadirkan narasumber Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati, yang menjelaskan beberapa inovasi telah dicapai Bank Sampah Sekumpul.

Menurut Dewi, sejak dirinya bergabung dengan Bank Sampah Sekumpul pada tahun 2010, terus melakukan berbagai inovasi karena tanpa inovasi maka Bank Sampah tak akan jalan.

“Sejauh ini, salah satu inovasi adalah pendekatan penyadaran ke masyarakat diantaranya adalah inovasi menabung tabungan sampah menjadi emas, sembako, makan dan minum, token listrik dan lainnya, khusus untuk menabung dengan emas, awal mula kerjasama langsung dari pihak PT Pegadaian yang mengajak kerjasama, di sini bisa kita lihat, siapapun bisa kita ajak kerjasama ketika inovasi kita sudah dilihat orang banyak dan memberikan manfaat,” jelas Dewi.

“Kami sendiri tidak menyangka kala itu dari PT Pegadaian mengajak bekerjasama, artinya kami tidak meminta, nah ini bisa menjadi semacam motivasi Bank Sampah lainnya di Kabupaten Banjar agar bisa membuat inovasi pada Bank Sampah masing-masing,” ungkap Dewi.

“Target kedepan adalah harus mengembangkan lagi Bank Sampah ke luar dengan melakukan inovasi lainnya, Alhamdulillah dengan bantuan armada kami terima bisa mengakomodir pengangkutan sampah yang sifatnya jauh dari wilayah kami, kemudian tujuan utama disini adalah agar semakin banyak masyarakat yang sadar akan pemanfaatan sampah dan kebersihan lingkungan,” ucap Dewi.

Dewi juga telah mengkoordinasikan akan membentuk Asosiasi Bank Sampah yang bisa menjadi wadah para pengelola Bank Sampah, berkeluh kesah, bertukar pikiran untuk bersama memajukan Bank Sampah di wilayahnya masing-masing.

”Tak ada tantangan tanpa ada solusi, semua apapun itu pasti ada tantangganya, namun dengan analisa yang baik pasti kita bisa melewatinya, sebenanya tantangan paling berat justru ada pada diri kita sendiri, kemudian kawan-kawan di Bank Sampah lainnya, mari bersama bergerak maju dan jadikan tantangan sebuah motivasi bagi kita, ”ajak Dewi mengakhiri sesi talkshow.

Komentar

Tinggalkan Balasan