Doa Saat Angin Kencang Sebagaimana Ajaran Nabi Muhammad SAW

Religi2,711 Views

Katajari.com Hujan merupakan sebuah berkah yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh makhluk yang hidup di muka bumi. Namun pada musim penghujan, tidak jarang hujan datang disertai angin kencang.

Hal ini dapat membuat khawatir bagi sebagian orang yang tentu dapat merusak rumah, pepohonan, memutuskan aliran listrik atau benda-benda yang berada di sekitarnya. Saat menghadapi situasi seperti itu, umat Muslim dianjurkan membaca doa saat angin kencang.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk mengamalkan doa saat angin kencang untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT agar angin kencang dapat segera berhenti.

Doa saat angin kencang bertujuan agar kita dapat selamat dari marabahaya dan juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa saat Angin Kencang

Berikut ini bacaan doa saat angin kencang yang dapat dilafalkan saat terjadi hujan dan disertai angin kencang.

“Allahumma innii as’aluka khairahaa wa a’uudzubika min syarriha”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya.” (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah)

“Allahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan.” (HR Muslim & At-Tirmidzi)

Berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah dan An-Nasai, Rasulullah SAW selalu berdoa ketika melihat awan hitam dan memohon agar awan tersebut tidak menjadi penyebab datangnya musibah atau bencana.

Dari Ibnu al-Musayyab, sesungguhnya Rasulullah SAW ketika melihat awan, beliau bersabda: ‘Allahumma saiba rahmatin wa lâ saiba ‘adzâbin’ (Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat dan jangan berikan azab).” (HR. Ibnu Majah & An-Nasai)

Ketika menjumpai angin kencang, sebagai seorang muslim hendaknya memanjatkan doa dan harapan kepada Allah SWT agar angin tersebut tidak menjadi bencana dan malapetaka bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Rasulullah SAW juga bersabda agar tidak mencela maupun memaki hujan yang disertai angin kencang dan sebaliknya untuk terus meminta kebaikan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Dari Abu Hurairah ra. beliau berkata: ‘Aku mendengar Nabi SAW bersabda’: ‘Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya’.” (HR. Abu Hurairah)

Demikian adalah bacaan doa saat angin kencang yang dapat dilafalkan untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. (suara.com)

Tinggalkan Balasan