Banjar  

Edukasi Kesehatan Ginjal di RSUD Ratu Zalecha Martapura

Sosialisasi dan edukasi kesehatan ginjal kepada keluarga pasien dan masyarakat umum digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha (Raza) Martapura, Kamis (7/3/2024) di lobi ruang perawatan Hemodialisa. (Foto: Humas RSUD Ratu Zalecha Martapura/katajari.com)

Katajari.com – Sosialisasi dan edukasi kesehatan ginjal kepada keluarga pasien dan masyarakat umum digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha (Raza) Martapura, Kamis (7/3/2024) di lobi ruang perawatan Hemodialisa.

Sosialisasi dan edukasi merupakan rangkatan Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 bertema Kesehatan Ginjal untuk Semua Meningkatkan Pemerataan Akses Pelayanan dan Praktik Pengobatan yang Optimal.

Kegiatan ini dibuka Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Ratu Zalecha Martapura, Wuri Lestari.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh staf dan perawat yang bertugas di ruang perawatan Hemodialisa serta beberapa pejabat terkait di RSUD Ratu Zalecha.

Wuri Lestari menyampaikan, dengan adanya edukasi dan sosialisasi terkait kesehatan ginjal, dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat menjaga kesehatan ginjal dan selalu melakukan gaya hidup sehat.

“Sehingga masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar bisa menjadi masyarakat yang sehat terbebas dari segala penyakit termasuk penyakit yang berkaitan dengan ginjal,” katanya.

Beberapa masalah kesehatan yang sering muncul akibat penurunan fungsi ginjal, ungkap dia, adalah penyakit ginjal kronis, gagal ginjal serta sindrom nefrotik.

“Untuk menjaga kesehatan ginjal yang paling utama adalah pemenuhan kebutuhan air minum,“ imbuh Wuri.

Menurut Wuri, ginjal merupakan salah satu organ yang tidak pernah berhenti bekerja meski tubuh dalam keadaan tidur.

Diperkirakan ada hampir 200 liter darah yang harus ‘disaring’ oleh ginjal setiap harinya.

Pada peringatan ini juga dilaksanakan pembagian bingkisan kepada seluruh pasien yang sedang melakukan perawatan di ruang Hemodialisa RSUD Raza Martapura. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *