Banjar  

Film RAUN Penanda Peluncuran Calendar of Event Kabupaten Banjar

Pemutaran film daerah berjudul “RAUN” menandai peluncuran Calendar of Event Kabupaten Banjar 2024 oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar di Cinepolis Q Mall Banjarbaru, Kamis (21/12/2023) pagi. (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Katajari.com – Pemutaran film daerah buatan sineas lokal, Nur Inayah, berjudul “RAUN” menandai peluncuran Calendar of Event Kabupaten Banjar 2024 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar di Cinepolis Q Mall Banjarbaru, Kamis (21/12/2023) pagi.

Film Raun buatan sineas lokal Nur Inayah tersebut menampilkan keindahan wisata-wisata alam yang terdapat di wilayah Kabupaten Banjar seperti Pasar Terapung Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk dan Bukit Matang Keladan Kecamatan Aranio.

Sutradara film, Nur Inayah saat dimintai keterangannya mengatakan, kisah film ini menceritakan perjalanan seorang remaja perempuan bernama Mumu, yang dipaksa menikah oleh kakak laki-lakinya karena dianggap telah sampai umur untuk menikah.

Film ini lanjut Inayah juga menampilkan kuliner-kuliner khas Banjar sebagai ajang promosi serta memperkenalkan wisata alam dan wisata religi agar semakin dikenal oleh masyarakat luar daerah.

Ke depannya, ingin mengajak sineas-sineas berbakat lainnya untuk kolaborasi mengeksplore keindahan dan kekayaan alam di Kabupaten Banjar.

“Sehingga menghasilkan film-film lokal yang berkualitas yang dapat dikenal luas hingga nasional maupun internasional,” harapnya.

Sehabis pemutaran film tersebut, dirinya berharap para penonton dapat mengambil nilai moral dari inti cerita, dapat mengambil pelajaran baik dari kebijaksanaan pihak orang tua atau kakak, serta kedewasaan berpikir dan bertindak dari pihak anak. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *