Gubernur Kalimantan Selatan Hajat Bangun Masjid Guru Sekumpul

Banjar4,210 Views

Katajari.comHajat atau keinginan untuk membangun masjid di kawasan perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru dengan nama Masjid Guru Sekumpul atau nama bersangkutan (KH M Zaini Ghani), diungkapkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Rabu (24/8/2022).

Ini dikemukakan ketika menyampaikan sambutan pada puncak Hari Jadi ke72 Kabupaten Banjar di halaman kantor Bupati Banjar di Martapura.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyatakan, pembangunan masjid yang dibangun oleh Pemprov Kalsel diberi nama Guru Sekumpul, sosok ulama besar Kalsel asal Martapura, Kabupaten Banjar.

“Jadi, selain pembangunan Tugu 0 Kilometer di Banjarmasin, kemudian jalan Banjar menghubungkan Batulicin yang terus dilaksanakan, kita punya hajat akan membangun sebuah masjid di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel akan kita beri nama Guru Sekumpul atau nama beliau,” kata Sahbirin.

Dijelaskan Paman Birin, rencananya masjid yang dibangun besarnya seperti Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Letak pembangunan di Kota Banjarbaru, karena Banjarbaru telah ditetapkan sebagai ibukota Kalsel.

“Mohon doa semoga hajat ini dapat terwujudkan,” katanya.

Bagaimana Kabupaten Banjar menurut Gubernur Kalsel?

Paman Birin yang berkesempatan mengucapkan selamat Harjad ke-72 Kabupaten Banjar menyebutkan kalau Kabupaten Banjar tidak lepas dari sejarah Kerajaan Banjar, juga memiliki banyak ulama besar dan dua di antaranya Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari) dan Guru Sekumpul (KH M Zaini Ghani).

Harapan saya, katanya, tahun ini bisa dilaksanakan haul dan bisa dibuka untuk berziarah ke kubah Guru Sekumpul. Karena, banyak warga Kalsel dan luar Kalsel menanyakan hal ini kepada dia.

Hari Jadi ke 72 Kabupaten Banjar selain dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyi dan Forkopimda Kabupaten Banjar, juga nampak anggota DPR RI H Syaifullah Tamliha dan Rifqnizamy Karsayuda.

Serta, anggota DPRD Provinsi Kalsel, DPRD Kabupaten Banjar, bersama undangan dan tamu lainnya.

Tinggalkan Balasan