HKN ke 58 di RSD Idaman Kota Banjarbaru, Apresiasi dan Motivasi Pasien Thalassemia

Banjarbaru1,514 Views

Katajari.com Momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 dirayakan RSD Idaman Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama pasien thalassemia dengan memberikan apresiasi dan motivasi semangat, Selasa (15/112022) di aula besar RSD Idaman Kota Banjarbaru.

HKN ke 58 ini mengusung tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku, Jangan Pernah Merasa Lelah.

Kegiatan peringatan HKN ke 58 bersama pasien thalassemia juga mendapatkan dorongan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Kalimantan Selatan dan pengabdian masyarakat jurusan analisis kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin (Polkessin).

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan, layanan lingkungan hidup sehat, pola makan dan aktivitas di sini bagi pasien thalassemia,” kata Direktur RSD Idaman Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana.

Kegiatan tersebut, ungkap Danny, upaya progres memberikan pelayanan terbaik dan juga sekaligus apresiasi bagi pasien thalassemia.

“Motivasi kepada pasien penyandang thalasemia. Karena, telah berjuang melawan sakit yang mereka rasakan,” katanya.

Dengan adanya program unggulan Hematomologi-Onkologi Anak dari RSD Idaman, dapat menangani pasien penyandang penyakit thalassemia di Kota Banjarbaru.

“Ini sebagai komitmen bersama memberikan layanan kesehatan bagi pasien thalassemia. Di 2023 nanti melalui program skrining, untuk anak-anak sekolah,” katanya.

Dari data layanan medical check up, pasien penderita thalassemia yang dirawat dapat menghabiskan 30 sampai 40 kantong darah untuk menjaga kestabilan darah hemoglobin.

Berdasarkan data RSD Idaman Banjarbaru diketahui jumlah pasien thalasemia sebanyak 58 orang.

“Data ini diperoleh, karena kami aktif dalam melakukan skrining bagi pasien thalassemia sehingga cepat diketahui,” sebut dia.

Dirinya berharap, di Kota Banjarbaru zero thalassemia dengan memberikan pelayanan optimal bagi para pasien.

D tempat sama, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengapresiasi langkah RSD Idaman Banjarbaru menjalin kerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin (Polkessin).

“Sangat mengapresiasi atas kerjasama dan kolaborasi yang sudah dilakukan, mudahan ini bisa terus ditingkatkan dalam rangka HKN ke 58,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan