oleh

Ini Sepuluh Partai Politik Pendatang Baru yang Siap Bersaing

-Politik-4.932 views

Katajari.com Pemilu 2024 mendatang diprediksikan bakal lebih ramai lagi. Hal ini lantaran bakal ada 10 partai politik (parpol) pendatang baru yang akan meramaikan kancah Pemilu mendatang jika lolos dari verifikasi dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (29/9/2021) berikut 10 parpol baru yang bisa saja akan meramaikan persaingan pada Pemilu 2024 mendatang. Ini daftarnya:

1. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
Partai yang anggotanya sebelumnya merupakan anggota Partai Rakyat Demokratik (PRD). Parpol baru ini digawangi oleh Agus Jabo Riyono sebagai Ketua Umum.

2. Partai Gelombang Rakyat (Gelora)
Dengan Ketua Umum Anis Matta, partai ini disebut-sebut merupakan parpol sempalan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai ini didirikan pada 28 Oktober 2019 lalu.

3. Partai Ummat
Digawangi oleh Ridho Rahmadi sebagai Ketua Umum ini juga disebut sebut merupakan sempalan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Partai Ummat adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan oleh Amien Rais, mantan pendiri Partai Amanat Nasional. Partai ini dideklarasikan pada tanggal 29 April 2021. Ridho sendiri merupakan menantu dari H Amien Rais.

4. Partai Masyumi atau Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia
Partai ini dahulu adalah sebuah partai politik Islam terbesar di Indonesia selama Era Demokrasi Liberal di Indonesia. Partai ini kemudian dilarang pada tahun 1960 oleh Presiden Sukarno karena diduga mendukung pemberontakan PRRI. Saat ini Masyumi berdiri kembali dan digawangi oleh Ahmad Yani sebagai Ketua Umum.

5. Partai Era Masyarakat Sejahtera Emas
Partai Era Masyarakat Sejahtera disingkat dengan Partai Emas adalah salah satu partai politik di Indonesia yang identik dengan program ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Parpol ini digawangi oleh Mischa Hasnaeni M sebagai Ketua Umum.

6. Partai Usaha Kecil Menengah
Partai yang berbasis dan beranggotakan para pelaku usaha kecil ini mengusung Syafrudin Budiman sebagai Ketua Umum.

7. Partai Indonesia Terang disingkat Pinter
Partai Indonesia Terang lahir  dengan membawa  arah motto Terang Pangannya, Terang Sandangnya, Terang Papannya, serta Terang Hatinya. Parpol ini digawangi oleh Hj Rizayati sebagai Ketua Umum.

8. Partai Negeri Daulat Indonesia.
Sering disingkat dengan sebutan Pandai. Partai ini didirikan sebagai wadah bagi anak bangsa dalam menentukan proses reformasi untuk membangun sistem politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang maju dan adil. Adapun jabatan Ketua Umum disandang oleh Farhat Abbas.

9. Partai Nusantara
Partai yang digawangi Dr Suriyanto ini belum banyak ulasan yang diketemukan terkait motto,visi dan misi. Namun parpol ini disebut-sebut siap bersaing dalam Pemilu 2024 mendatang.

10. Partai Indonesia Damai (PID)
Partai yang digawangi Ir Apri Hananto Sukandar yang menjabat sebagai Ketua Umum. PID sebelumnya sempat meramaikan bursa Pemilu lalu dengan nama Partai Damai Sejahtera (PDS). (ayoyogya.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan