oleh

Ini Tips yang Dilakukan Menutup Dengan Baik Tahun 2021

-Artikel-5.202 views

Katajari.com Abstrak! Perjalanan yang begitu panjang selama mewujudkan resolusi di tahun 2021 tentunya penuh dengan perjuangan bukan? Ada sebagian resolusi masih belum bisa tercapai, namun tidak terasa kamu sudah berada di penghujung akhir tahun.

Agar kamu dapat mengakhiri tahun 2021 dengan baik, melakukan refleksi diri perlu dilakukan untuk kamu bisa mengevaluasi resolusi apa saja yang membuat kamu gagal atau salah penerapannya. Menjelang akhir tahun, yuk simak 5 tips berikut agar kamu bisa mencapai beberapa resolusi melalui hal yang sederhana!

Refleksi Sebagai Bentuk Evaluasi Diri

Tidak terasa waktu telah berlalu begitu cepat hingga kamu tiba di penghujung akhir tahun. Banyak hal yang menyenangkan dan juga menyedihkan dilalui dengan perjuangan. Namun, apakah kamu sudah melakukan refleksi diri untuk menutup tahun 2021 ini?

Nyatanya, merenungkan segala hal mulai dari aktivitas, kebiasaan, hubungan dengan orang terdekat, dan sebagainya, perlu dilakukan agar kamu dapat mengintropeksi diri sendiri. Tentu itu adalah hal yang penting, karena kamu akan belajar bagaimana memulai kembali setelah jatuh menghadapi tantangan.

Walaupun kamu sudah membuat banyak resolusi sejak awal tahun 2021, bukan masalah apabila masih ada yang belum terwujud, setidaknya masih ada harapan untuk tahun selanjutnya.

Akhir tahun bukanlah akhir dari harapan kamu yang belum tercapai. Kamu masih bisa merencanakan kembali menjelang akhir tahun ini. Bagaimana caranya? Mari simak cara-cara berikut ini.

1. Selesaikan Tujuan Kamu yang Masih Tertunda

Selama tahun 2021, kamu memiliki beberapa tujuan yang masih belum terselesaikan. Bisa saja karena kamu tidak sempat mengerjakan atau gagal mewujudkannya. Tak masalah apabila gagal, kamu dapat mengusahakan lagi untuk periode selanjutnya, namun jika tertunda, segeralah selesaikan tujuan kamu itu.

Jika bukan sekarang, lantas kapan lagi. Menunggu pergantian tahun justru kamu sudah mempunyai banyak tujuan yang harus dicapai. Pikirkan untuk tujuan kamu di tahun 2021 ini untuk bisa terwujud, perasaan kamu akan jauh lebih bahagia apabila tujuan tersebut telah selesai dikerjakan, buat list tujuan mana yang bisa kamu selesaikan dan tidak.

2. Persiapkan Rencana untuk Tahun Depan

Pergantian tahun hanya tinggal menghitung hari yang berlalu dengan cepat. Setelah kamu menyelesaikan beberapa tujuan di tahun 2021, bersiaplah untuk merencanakan resolusi tahun berikutnya. Sekali lagi, tidak masalah jika belum semuanya terwujud, apapun pencapaian yang kamu lakukan itu sudah cukup.

Tuliskan apa saja rencana kamu untuk tahun 2022, siapkan pula strategi yang kamu nilai cukup efektif untuk bisa merealisasikan rencana kamu itu. Dengan begitu, kamu paham bagaimana harus menjalani satu per satu keinginan tersebut.

3. Renungkan Pencapaian Kamu di Tahun 2021

Sudahkah kamu bersyukur atas berbagai pencapaian kamu di tahun 2021? Baik itu pencapaian yang kecil maupun besar, kamu patut bersyukur karena terdapat hikmah dibalik setiap hasilnya.

Luangkan waktumu, kamu pantas untuk mendapat self reward dari segala upaya yang sudah kamu lakukan. Supaya di kemudian hari kamu bisa semangat lagi untuk membuat pencapaian baru.

4. Hindari Mengulang Kegagalan di Masa Lalu

Apapun masalah yang menyebabkan kamu gagal di masa lalu, jadikan sebagai pelajaran dan pengalaman. Evaluasi setiap pekerjaan atau tugas yang telah kamu selesaikan. Siapkan juga rencana dan strategi apabila kamu mendapati masalah yang tak terduga.

Kamu tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi waktu yang akan datang. Sangat penting untuk mengantisipasi kegagalan di masa lalu akibat kurang persiapan. Pertimbangkan pemecahan masalah mana yang kamu anggap lebih layak untuk diterapkan.

5. Perbarui Motivasi Demi Membangkitkan Semangat

Motivasi berguna untuk membangun percaya diri agar semangat bangkit kembali. Dengan motivasi, kamu tidak mudah menyerah dalam mewujudkan beberapa resolusi sebelum pergantian tahun.

Beberapa resolusi yang belum bisa tercapai terkadang membuat kamu tidak nyaman atau gelisah. It’s Okay, tetap tenang, kamu bisa menyelesaikan resolusi yang mudah terlebih dulu. Sedangkan yang lainnya perlu waktu dan proses yang panjang untuk bisa tercapai. Percayalah selalu jika akan ada saatnyakamu bisa mencapai resolusi tersebut. Tetap semangat!

Demikian 5 tips menutup 2021 dengan baik, melakukan refleksi diri atau merenungkan sejenak perlu dilakukan supaya kamu dapat mengevaluasi berbagai pencapaian yang sudah dilakukan. Waktu dan perjuangan masih panjang, karena 2021 bukanlah akhir dari segala resolusi kamu yang belum tercapai, masih ada tahun berikutnya untuk bersiap, mari kita tutup tahun 2021 dengan baik.

Referensi:

Eric. 2021. Finish the Year Strong – 10 Tips on How to End the Year. antimaximalist.com Cherry, Kendra. 2020. 10 Great Tips  for Keeping  Your Resolution This Year. Verywellmind.com

Oleh: Fatah Akbar (Website Content Writer Volunteer)

Komentar

Tinggalkan Balasan