oleh

Intake Mandi Kapau Diperbaiki, Suplai Air dihentikan Sementara

-Banjar-1.612 views

Katajari.com Suplai air pada beberapa beberapa pelanggan di wilayah Kota Banjarbaru, Cempaka, dan sebagian Kota Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dihentikan sementara waktu oleh PT Air Minum Intan Banjar.

Permasalahan gangguan suplai air kepada pelanggan ini karena adanya perbaikan sistem transmisi air baku intake Mandi Kapau Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dilaksanakan Balai Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula, tertanggal 18 Juli 2022.

Sehubungan dengan adanya surat dari BPAM banjarbakula nomor 690/095/BPAM.2022 perihal dilaksanakannya perbaikan sistem transmisi sarana unit air baku di intake Mandi Kapau Karang Intan, pada hari Senin tanggal 18 Juli 2022. Hal ini berdampak terjadinya penghentian suplai air ke pelanggan PT Air Minum Intan Banjar.

Demikian layanan informasi yang disampaikan  PT Air Minum Intan Banjar kepada pelanggan dan masyarakat melalui Humas.

Adapun wilayah terdampak meliputi:

Seluruh pengaliran dan distribusi Cempaka;

Seluruh pengaliran dan distribusi Trikora;

Seluruh pengaliran dan distribusi Sungai Ulin/BLK;

Berikutnya, Seluruh pengaliran dan distribusi cabang I Landasan Ulin yang mencakup;

Sungai Besar, Guntung Manggis, Komplek Idaman Estet, Komplek Benawa Raya, Sungai Ulin, Cindai Alus, Sekumpul Raya, Komplek Riski Pesona, Jalan Jeruk, Jalan Sirkuit, Permata Hijau, Komplek BPI, Puncak Jaya Permai, Asrama Haji, Anggrek Merah, Jalan Karang Anyar 2, Jalan Karang Anyar 3, Komplek Perumahan Seribu, Komplek Benawa Indah, Komplek Pondok Sejahtera.

Di dalam melakukan perbaikan transmisi air baku intake Mandi Kapau, BPAM Banjarbakula estimasi pekerjaan memerlukan waktu 8 jam, dimulai pukul 10.00 wita sampai selesai, Senin 18 Juli 2022. Untuk pengembalian tekanan jaringan distribusi menyesuaikan di lapangan.

Atas terjadinya gangguan pendistribusian air ke pelanggan, pihak manajemen memohon maaf atas ketidak nyamanan tersebut.

Intake Mandi Kapau Karang Intan, di Desa Mandikapau Kecamatan Karang Intan, diresmikan pada Selasa (25/9/2018).

Pembangunan Intake air baku ini dalam rangka memenuhi ketersediaan air baku dan pencapaian target Milenium Development Goals (MDGs).

Selain itu juga untuk memenuhi persediaan air bagi para petani, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar (waktu itu) H Khalillurrahman mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat atas dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai lokasi SPAM Regional Banjarbaru yang dilaksanakan di dua lokasi. Satu diantranya adalah bendungan Karang Intan Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan.

Saat menghadiri peresmian pembangunan Intake Air Baku di Karang Intan, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Dwi Purwantoro ST. MT mengatakan, sebagai wujud kepedulian terhadap para petani di Kabupaten Banjar, “Kita juga turut serta andil dalam memberikan bantuan untuk para petani dalam menggarap sawah yakni dengan dibangunkannya Intake Air Baku,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan