Banjar  

Kabupaten Banjar Apel Siaga Karhutla dan Kekeringan 2023

Asisten Administrasi Umum Setda Banjar Rakhmat Dhani memimpin apel Siaga Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Kekeringan Tahun 2023, di halaman kantor BPBD Banjar, Jalan Sekumpul Ujung Martapura, Kamis (22/6/2023) pagi. (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/Katajari.com)
Asisten Administrasi Umum Setda Banjar Rakhmat Dhani memimpin apel Siaga Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Kekeringan Tahun 2023, di halaman kantor BPBD Banjar, Jalan Sekumpul Ujung Martapura, Kamis (22/6/2023) pagi. (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Katajari.com – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Kekeringan Tahun 2023, di halaman kantor BPBD Banjar, Jalan Sekumpul Ujung Martapura, Kamis (22/6/2023) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani mengatakan, apel siaga ini sebagai tindak lanjut dari apel kesiapsiagaan karhutla dan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

“Hari ini kita melaksanakan apel serupa, langkah ini sebagai bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana karhutla dan kekeringan di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Ditambahkannya momen ini sebagai bentuk persiapan, baik personel maupun peralatan diharapkan akan lebih siap menghadapi perubahan cuaca yang berkemungkinan terjadi karhutla dan kekeringan.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita mengatakan, untuk titik rawan karhutla sudah ditemukan sekitar 9 titik dan sudah dikendalikan.

“Sudah kita kendalikan semua, ada sekitar bandara Banjarbaru, Cindai Alus, Martapura Barat, Martapura Timur dan Astambul,” rinci Warsita.

Komandan Kodim (Dandim) 1006 Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring mengatakan, untuk mitigasi yang dilakukan TNI di wilayah Kabupaten Banjar dan Banjarbaru melakukan koordinasi melekat dengan pihak terkait.

Seperti koordinasi BPBD, Polres Banjar dan Polres Banjarbaru, dan Satpol PP setempat, maupun pihak terkait lainnya.

”Kami melaksanakan kegiatan-kegiatan secara terpadu, namun untuk Kodim setiap harinya kami menyiapkan satu setingkat peleton,” kata Dandim.

Simulasi penanganan penanggulangan Karhutla diperagakan oleh para personil BPBD Kabupaten Banjar, Kamis (22/6/2023) pagi. (Foto: iday/katajari.com)

Kemudian, Koramil-koramil memantau titik api pada aplikasi Si Pongi, lantas setiap pagi sore Danramil dan Babinsa selalu mengecek aplikasi.

“Jika ada titik api segera dilaksanakan pemadaman bekerjasama dengan unsur-unsur yang berkepentingan,” ucap Dandim.

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan petugas BPBD Kabupaten Banjar, dilaksanakan simulasi penanganan Karhutla diperagakan oleh para personil BPBD Kabupaten Banjar.

Informasi mengenai terjadinya karhulta pada suatu kawasan lahan, BPBD Unit Reaksi Cepat (URC) Kabupaten Banjar  dengan mengendarai motor trail dan mobil tangki serta peralatan pendukung lainnya, meluncur ke lokasi kebakaran.

Pemadaman cepat dilaksanakan oleh para petugas BPBD Kabupaten Banjar dibantu tim gabungan lainnya dan menetralisir lokasi karhutla, agar kebakaran tidak meluas.

Apel Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla dan Kekeringan Tahun 2023 ini diikuti TNI/Polri, Satpol PP, Manggala Agni, Tagana, TRC 119, Masyarakat Peduli Api dan lainnya. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *