oleh

KALEIDOSKOP 2021; 5 Kasus Kekerasan Seksual Paling Heboh

Katajari.com Kekerasan seksual menjadi salah satu isu yang berkembang di masyarakat. Tidak sedikit korban yang akhirnya berani untuk mengungkapkan kasusnya kepada publik. Berikut sederet kasus kekerasan seksual paling menggemparkan sepanjang 2021.

Satu persatu kasus kekerasan seksual akhirnya terbongkar. Korban mengungkapkan kasusnya ke publik untuk meminta dukungan dan keadilan serta sanksi yang harus didapatkan oleh sang pelaku sesuai hukum yang berlaku. Simak sederet kasus kekerasan seksual paling menggemparkan sepanjang 2021.

Berikut ini adalah 5 kasus kekerasan seksual yang terheboh sepanjang tahun 2021 yang telah dirangkum oleh Suara.com.

1. Guru Cabuli 21 Santri

Seorang guru di sebuah pondok pesantren di Bandung, Herry Wirawan menjadi terdakwa kasus pelecehan seksual kepada para santrinya. Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mengungkapkan ada 21 orang yang dilaporkan menjadi korban Herry Wirawan.

Diketahui, aksi bejatnya tersebut dilakukan dalam rentang tahun 2016 hingga 2021 di berbagai tempat seperti pondok pesantren, apartemen hingga hotel mewah.

Bahkan, aksi pencabulan terhadap 21 santri tersebut telah melahirkan 9 bayi. Hingga kini persidangan kasusnya masih berjalan.

2. Guru Ngaji Cabul di Bekasi

Seorang guru ngaji di Bekasi melakukan pelecehan seksual kepada muridnya yang berusia 12 tahun. Dalam sebuah keterangan, sang pelaku yang berinisal M (40) telah tega mencabuli muridnya (F) yang masih berusia 12 tahun.

Selama ini pelaku membuka sebuah tempat pengajian di rumahnya di Desa Jatibaru, Cikarang Timur, Bekasi. Dalam laporan, pelaku telah mengaku melakukan aksi bejatnya sebanyak 3 kali kepada korban.

3. Pelecehan Pegawai KPI

Pelecehan seksual terjadi di lingkungan KPI yang viral pada September 2021. Salah seorang pegawai KPI yang berinisial MS mengaku bahwa dirinya mengalami pelecehan oleh pegawai KPI lainnya sepanjang 2012-2014. Ia mengalami penyiksaan, dipukul hingga ditelanjangi oleh rekannya.

Kasus ini terbongkar melalui pesan WhatsApp dan viral melalui media sosial Twitter. Saat ini proses kasusnya masih dapat proses pihak berwajib.

4. Pelecehan di KRL Direspons Acuh oleh Admin Twitter

Pelecehan seksual terjadi di dalam Commuter Line rute Jakarta-Cikarang pada Juni 2021. Sang korban melaporkan kejadian tersebut melalui akun Twitter @CommuterLine. Namun sangat disayangkan, akun @CommuterLine tersebut tidak menganggapi laporan tersebut dengan baik.

Akun @CommuterLine kemudian membalas, “BTW kejadian nya di alami sama temen Mba kan.?? bukan sama mba nya ?? kenapa gak langsung Lapor Polisi aja Mbanya.? dan kalo lapor polisi si mba nya pun harus ada bukti”.

Kasus ini pun viral di Twitter hingga KAI secara resmi meminta maaf kepada korban dan masyarakat dan langsung menindaklanjuti laporan kerjadian tersebut.

5. 3 Anak Diperkosa Ayah Kandung di Luwu Timur

Pada Oktober 2021, kasus pemerkosaan oleh ayah kandung kepada 3 orang anaknya di Luwu Timur viral di media sosial. Kasus ini diangkat dari sebuah laporan jurnalistik oleh Eko Rusdianto di Project Multatuli. Dalam laporan, kasus ini terjadi pada tahun 2019 di Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Demikian adalah 5 kasus kekerasan seksual yang membuat heboh masyarakat di tahun 2021. (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan