Kemah Jokowi, Barang Inventaris Saat Gempa 2019 di Poso

Nasional1,292 Views

Katajari.com Presiden Joko Widodo Jokowi) untuk kemah di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Tenda yang digunakan Jokowi untuk bermalam ternyata stok Istana yang pernah disiapkan untuk penanganan gempa bumi Poso, Sulawesi Tengah.

Tenda yang digunakan Jokowi itu berasal dari produksi Quechua Arpenaz. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan tenda tersebut merupakan barang investaris Sekretariat Presiden.

“Sudah lama inventaris. 2019 saat gempa Poso,” sebutnya.

Namun Heru menyebut kalau tenda itu belum sempat dipakai. Baru pada kali ini, tenda tersebut bisa digunakan oleh Jokowi.

Ia juga mengungkapkan kalau segala peralatan yang digunakan rombongan presiden itu merupakan barang inventaris Setpres.

“Sama, sisa stok jaman dulu juga.”

Tenda yang dimaksud itu bernuansa putih. Kalau menurut foto yang diterima, tenda yang digunakan Jokowi nampaknya berukuran besar karena bisa menampung satu meja dengan kaki yang cukup tinggi.

Di lain kesempatan, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan tidak ada pendingin ruangan di dalam tenda tersebut.

“Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC),” kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (14/3/2022).

Selain fasilitas, makanan yang disiapkan juga tidak ada yang khusus. Menurutnya, makanan untuk Jokowi dan Iriana hanya kue dan buah.

Heru juga menyebut ada mie instan yang disiapkan di dalam tenda.

“Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie,” ujarnya.

Sebelumnya, Heru mengungkapkan nantinya yang akan ikut bermalam ialah Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam dan Kapolda Kalimantan Timur Imam Sugianto.

“Kemudian keamanan lainnya, di sekitar tenda terutama di sekitar VVIP sudah kita sebarkan garam dan sebagainya untuk mengantisipasi adanya binatang melata,” tuturnya. (suara.com)

Tinggalkan Balasan