Banjar  

Koordinasi dan Evaluasi Program YESS di Kabupaten Banjar

Koordinasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi program YESS (Youth Entrepreneur and Employment Support Services ), Jumat (13/10/2023) di Bappedalitbang Kabupaten Banjar. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/katajari.com)

Katajari.com –  Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Badan Perencaaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bajar mengadakan koordinasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi program YESS (Youth Entrepreneur and Employment Support Services ) yang terfokus clusterisasi, menggabungkan peternak-peternak di Kabupaten Banjar, Jumat (13/10/2023).

Perencanaan koordinasi ini dilaksanakan untuk intervensi baik secara produksinya maupun akses pasarnya di Kabupaten Banjar.

Anggota rapat terdiri dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, PPIU Program YESS, NPMU Kabupaten Banjar, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, DIT Kabupaten Banjar.

Pemerintah daerah berkolaborasi dengan SMK PP Negeri Banjarbaru dalam hal ini PPIU untuk pelaksanaan kegiatan DMSF II Tahun 2023 sebagai pematangan petani muda yang memang berorientasi untuk bisnis.

Pembentukan cluster komoditi yang sudah dibentuk akan support dalam akses pasar, baik itu secara MoU antara koperasi/UMKM dengan beberapa Badan Usaha di Kabupaten Banjar atau pada pelaksanaan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) Kabupaten Banjar.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan siap untuk mensupport legalitasnya, baik perizinan koperasi maupun UMKM.

Kabupaten Banjar menjadi pilot project di Kalimantan Selatan dalam pembentukan cluster, Dinas Pertanian akan mengubah pola pelatihan Batumbang Manis dalam hal ini Kecamatan Astambul akan fokus pada peternakan itik.

Sedangkan di Kabupaten Banjar dalam hal bantuan hibah terkendala dasar hukum, dimana penerima manfaat harus dalam bentuk kelompok.

Pemkab Banjar dan SMK PP Negeri Banjarbaru melalui PPIU merencanakan pelaksanaan kegiatan DMSF II Tahun 2023. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/katajari.com)

Pengembangan cluster itik di Kabupaten Banjar sangat berpotensi, baik di Kecamatan Astambul maupun kecamatan lainnya memiliki tingkat populasi yang meningkat setiap tahunnya. Potensi ini bisa dipotret untuk desain sehingga akses pasar bisa digali.

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Persiapan Distrik Multi Stakeholder Forum (DMSF) II Tahun 2023, direncanakan akan dilaksanakan pada hari Rabu 18 Oktober 2023 di Hotel Aston Banjarmasin

Dengan Tema “Penguatan Klasterisasi Komoditas Itik Di Kabupaten Banjar” dengan daftar undangan tambahan yaitu Forum CSR Kabupaten Banjar. (bappedalitbang banjar/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *