Lestarikan Kesenian Khas Kalimantan Selatan, Lomba Musik Panting di Museum Lambung Mangkurat

Katajari.com Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan di (Kalsel) Kota Banjarbaru sebagai tempat pelestarian sejarah dan kebudayaan mengadakan kegiatan belajar bersama di museum ini.

Kegiatan belajar bersama agar bisa meningkatkan wawasan atau informasi yang mendalam, khususnya dibidang sejarah dan budaya khas Kalsel.

Tanggal 10 September 2022 tadi, dilaksanakan Lomba Musik Panting di Halaman Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan.

Diikuti 16 sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA. Dihadiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel diwakili Masrani, S.Pd.T selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan.

Lomba musik Panting di halaman Museum Lambung Mangkurat Kota Banjarbaru. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)

Dipilihnya musik panting selain pelestarian musik tradisional khas Kalsel, juga hampir ditinggalkannya oleh gererasi milenial sekarang ini karena anak-anak generasi sekarang lebih menyukai musik modern.

Sehingga, pihak museum ingin memperkenalkan dan mempromosikan musik tradisional yaitu musik Panting melalui lomba ini.

“Semoga mampu memberikan minat generasi muda untuk mengenal sejarah dan kebudayaannya sendiri,” kata Masrani.

Karena museum tidak hanya berfungsi untuk menyimpan barang bersejarah atau pun memamerkan peninggalan sejarah dan kebudayaan sesuai perkembangan kehidupan masyarakat, namun museum sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan dan masyarakat luas. (Museum Lambung Mangkurat)

Tinggalkan Balasan