Paman Birin Instruksikan Bagi-Bagi Ribuan Masker Gratis

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membagikan ribuan masker waktu lalu guna meminimalkan dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terhadap kesehatan masyarakat. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bakal membagikan ribuan masker secara serentak 50 titik pada empat kabupaten dan kota.

Pembagian ribuan masker guna meminimalkan dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terhadap kesehatan masyarakat.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov Kalsel Berkatullah mengatakan,  empat kabupaten dan kota yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala (Batola), dibagikan pada tanggal 2 Oktober 2023.

“Atas arahan Paman Birin Gubernur Kalsel, besok 2 Oktober 2023 secara serentak dibagikan masker gratis untuk masyarakat. Pembagian dilakukan di jalan-jalan utama, dengan melibatkan seluruh SKPD Pemprov Kalsel,” katanya, Sabtu (1/10/2023) siang.

Menurutnya, pembagian akan dilaksanakan usai Apel Hari Kesaktian Pancasila di titik-titik strategis sepanjang jalan Banjarmasin hingga Martapura.

“Ya, setelah Apel Hari Kesaktian Pancasila dilanjutkan dengan pembagian masker secara serentak di sepanjang jalan utama mulai Kayutangi ujung atau Jembatan Ansal, sampai depan Masjid Al Karomah Martapura,” katanya.

Termasuk juga pembangian di titik simpang empat Handil Bakti Batola dan juga simpang empat Jalan Trikora Palam Banjarbaru.

Pembagian ribuan masker instruksi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Disampaikannya, pembagian masker berdasarkan kondisi udara berapa waktu terakhir, terutama saat pagi, beberapa daerah diselimuti kabut asap dampak dari karhutla.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar dapat mengenakan masker dengan baik.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelayanan Krisis dan Epidemi Kesehatan Sri Wahyuni mengatakan pembagian masker dilakukan pihaknya sejak awal Mei sampai dengan sekarang, untuk menjaga kesehatan masyarakat dari asap Karhutla.

“Kita rutin setiap hari membagikan masker ke masyarakat yang terdampak karhutla. Ini juga berdasarkan arahan Gubernur Kalsel untuk selalu sigap dalam membantu penanganan karhutla,” kata Sri Wahyuni.

Selain membagikan masker pihaknya juga mendirikan posko pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak karhutla di bundaran Landasan Ulin menuju bandara lama.

Ia berharap kepada masyarakat yang terdampak akibat kabut asap karhutla, agar dapat menjaga kesehatan dengan minum air putih yang banyak dan kalau ingin keluar rumah agar dapat mengenakan masker. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *