oleh

Pengurus DPW Gekrafs Kalsel Terbentuk; Siap Menjadi Gerbong Ekonomi Kreatif

Katajari.com Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah terbentuk, dan bertekad menjadi gerbong ekonomi kreatif di banua, Sabtu (23/7/2022).

Terpilih menjadi Ketua DPW Gekrafs Kalsel ialah Andi Fitri, pengusaha muda yang memiliki banyak talenta dan aktif di beberapa organisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Bebes mengatakan, Gekrafs sudah ada di beberapa wilayah di Indonesia, dan kali ini terbentuk di Kalsel.

“Kita merasa perlu membentuk kepengurusan Gekrafs di Kalsel sebagai gerbong pergerakan ekonomi kreatif di Kalsel,” ujar Bebes.

Dijelaskannya, adapun tujuan dibentuknya kepengurusan Gekrafs di Kalsel adalah membangun sinergitas dan kolaborasi antar semua elemen yang ada di Kalsel.

“Untuk itu kita bergerak bersama-sama melalui gerbong ekonomi kreatif,” ucapnya.

Karena lanjut dia, meskipun ekonomi kreatif ini terbagi dari tujuh belas sektor, tetapi jika ditelaah dan dicermati sebenarnya mencakup keseluruhan dari semua usaha yang ada di Kalimantan Selatan.

“Mau dia even organizer, perumahan, karena disitu ada kreatif dalam arsitek dan lain-lain, bahkan bidang kontruksi, agen travel dan UMKM,” bebernya.

Lebih lanjut, bicara mengenai agen travel, pasti bisnisnya konvensional. Tapi, dalam ekonomi kreatif bisa masuk ke sistem digitalisasi, termasuk cara mempacking kemasan dan cara memasarkannya.

DPW Gekrafs yang memiliki tagline Kreatif, Tradisional budaya, dan Digitalisasi ini dalam bergerak meskipun kreatif tetap mengingat tradisional budaya dan mengangkatnya melalui digitalisasi.

Lebih jauh dijelaskan, bicara ekonomi kreatif, anggotanya terbuka bagi siapa saja tidak ada batasan, baik semua kalangan, usia dan bidang usaha. Itulah semua bakal dirangkul oleh Gekrafs Kalsel.

Seperti diketahui, apa yang diucapkan Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra mengatakan, ekonomi kreatif di Indonesia adalah nomor tiga penyumbang ekonomi di PBB.

Langkah ke depan, DPW Gekrafs Kalsel akan mencari creative hub atau jaringan berdasarkan instruksi DPP Gekrafs untuk mencari seratus creative hub atau profesional di seluruh Indonesia.

“Minimal kami mencari dua creative hub, yang benar-benar hub, dimana semua pelaku ekonomi kreatif bisa berkumpul, sharing, dan berkolaborasi,” terangnya.

Bebes berharap bersama-sama menciptakan kreasi-kreasi dan program-program baru untuk menunjang perekonomian di masyarakat.

“Bukan hanya di level menengah namun juga sampai ke akar rumput,” pungkasnya.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPW Gekrafs Kalsel dihadiri kurang lebih 90 pelaku usaha ekonomi kreatif yang sudah terdaftar dan aktif.

Acara dihadiri tokoh pejabat publik pemerintah dan swasta serta unsur forkopimda provinsi dan kabupaten kota.

Komentar

Tinggalkan Balasan