Persiapan MTQ Nasional Semakin Dimantapkan, Launching Website Resmi mtq29.kalselprov.go.id

Katajari.com Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 berbagai persiapan terus dimantapkan, dan launching website resmi MTQ melalui mtq29.kalselprov.go.id.

Pemantapan pelaksanaan event nasional ini tercermin dari Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Aula Grand Daffam Q-Hotel Banjarbaru pada Selasa (5/10/2022) siang.

Dibuka oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar, rakorda itu dihadiri berbagai unsur yang terlibat gelaran MTQ. Mulai dari aparat keamanan, kementerian agama, unsur SKPD lingkup Pemprov Kalsel dan juga event organizer (EO).

Pada rakorda itu, Sekdaprov juga melakukan launching kanal informasi website resmi MTQ melalui alamat mtq29.kalselprov.go.id.

Website resmi MTQ ini diluncurkan sebagai pusat informasi atau panduan bagi seluruh kafilah dan masyarakat Indonesia terhadap pelaksanaan event keagamaan Islam terbesar ini.

Dalam rakorda itu secara virtual juga mendengarkan sambutan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A.

Kamaruddin menyebut, berbagai bentuk persiapan MTQ, selain 8 cabang lomba dan venue yang siap, peserta juga siap, hakim lomba juga siap serta pengawas yang kesemuanya dituangkan dalam surat keputusan.

Kamaruddin Amin menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas berbagai persiapan yang telah dilakukan Pemprov Kalsel.

Dengan berbagai kesiapan itulah, dirinya meyakini pelaksanaan dari awal hingga akhir akan berjalan dengan lancar.

“MTQ adalah event nasional dan sangat penting untuk khalayak umum. Substansi kegiatan sangatlah sakralitas dengan pesan-pesan keagamaan,” ujar Kamaruddin Amin.

Lebih lanjut ungkap Kamaruddin Amin, dukungan penuh terhadap penyelenggaraan MTQ ini adalah bentuk komitmen otentik dari pemerintah. Dimana, menjadikan Al Quran ditengah-tengah masyarakat. Disamping itu, Al Quran menjadi instrumen memandu kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“MTQ ini mewujudkan Indonesia sholeh, Indonesia yang taat beribadah sebagai wujud cinta bangsa dan negara,” terang Kamaruddin.

Pada kesempatan itu, Kamaruddin juga menyebut peristiwa MTQ adalah sejarah yang fenomenal dan hanya di indonesia dilakukan secara masif. Mulai MTQ tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga MTQ nasional.

Dalam rakorda itu juga disampaikan laporan oleh Kepala Biro Kesra Ahmad Solhan yang menyebut progres persiapan terus dilakukan. Termasuk fasilatas venue yang akan benar-benar siap setidaknya H-3 atau pada 8-9 Oktober 2022.

Sementara itu, juga disampaikan paparan oleh EO MTQ terhadap berbagai persiapan venue.

Kesiapan venue saat ini dalam pengerjaan dan untuk beberapa titik diperkirakan selesai pada tanggal 8 Oktober. Pun begitu, ada juga yang diperkirakan akan selesai pada 9 Oktober 2022.

Mendengar itu, Sekdaprov Roy Rizali Anwar yang memimpin rapat meminta kepada EO agar benar-benar memperhatikan ketepatan waktu serta hasil yang baik sesuai yang diharapkan.

“Kita berharap, venue benar-benar siap sesuai yang direncanakan untuk kelancaran pelaksanaan MTQ,” kata Roy.

Dalam rakorda itu juga dibahas masalah keamanan yang menghadirkan pihak Polda Kalsel dan Korem 101/Antasari dan berbagai persiapan lainnya.

Diketahui, sesuai rencana pembukaan MTQ akan dilakukan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo di panggung utama Kiram Park, Kabupaten Banjar pada 12 Oktober 2022.

Adapun lokasi lomba dibagi dalam 13 titik (venue). Venue utama di Kiram Park, selanjutnya ada di Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Terdapat juga di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

Tinggalkan Balasan