oleh

Rekam Jejak, Puan Maharani Potensial Maju

-Politik-3.745 views

Katajari.com Rekam jejak Puan Maharani dinilai potensial untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini. Ini disampaikan Akdemisi juga pegiat Kesetaraan Gender Alexander Aur.

Alexander Aur dalam diskusi bertajuk di Jakarta, Selasa (7/12/2021) kemarin mengungkapkan, diantara sejumlah nama yang digadang-gadang bakal maju dalam  Pilpres 2024, Puan Maharani menjadi salah satunya.

“Kalau bicara rekam jejak kepemimpinan tentu Ibu Puan sangat potensial untuk menjadi pemimpin nasional.

Pengalaman saat menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI sudah menjadi modal besar kepemimpinan ke depan.

Lagi pula pengalaman memimpin lembaga negara itu seperti jalan lurus untuk memimpin negara,” kata Alexander Aur dalam diskusi bertajuk ‘Puan Maharani: Quo Vadis Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” di Jakarta mengutip WE Online.

Lebih lanjut menurut dia, termasuk dalam banyak program seperti saat menjadi Menko PMK, terbilang cukup berhasil. Sebut saja penurunan angka kemiskinan, Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, hingga Bidik Misi.

“Jangan lupa saat itu Ibu Puan menkoordinir delapan kementerian yang terkait langsung dengan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Maka ketika program delapan kementerian ini berhasil baik, itu juga merupakan keberhasilan beliau dalam memimpin.

“Kualitas kepemimpinan itu adalah kemampuan melakukan konsolodasi yang hasilnya jelas ketika program-program tersebut berhasil,” jelas Alex, sapaan akrabnya.

Saat ini putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu memimpin DPR. Menurut Alex, tidak mudah juga memimpin lembaga politik itu.

Karena banyak fraksi dari berbagai partai politik yang harus dikonsolidasikan dan dikoordinasikan.

“Kalau dulu kita lihat DPR RI itu sering gaduh, maka di bawah kepemimpinan Puan DPR RI terlihat stabil. Ini bukan tidak mungkin karena kemampuan beliau dalam memimpin yang sekian matang,” katanya.

Alex yang juga Dosen Filsafat Universitas Pelita Harapan itu menambahkan tentu dengan jabatan yang diemban saat ini, punya peluang besar menunjukkan kualitas kepemimpinannya.

Termasuk responnya ketika berhadapan dengan isu-isu yang bersinggungan langsung dengan kepentingan publik.

Hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat disampaikan seara lugas sebagai bentuk keberpihakan beliau seperti peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih merata, penguatan sistem penanggulangan bencana, penyempurnaan sistem jaminan sosial dan kebutuhan konkret masyarakat lainnya.

“Artinya beliau sebagai politisi sudah punya keberpihakan jelas yang menjadi modal untuk memimpin negara ini ke depannya,” paparnya. (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan