Rumah Sakit Idaman Miliki Program Home Care dan Operasi Katarak

Banjarbaru26,555 Views

Katajari.com Memberikan tambahan kemudahan kepada warga Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan, Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru telah mempersiapkan layanan khusus, program home care dan operasi katarak.

Program home care merupakan gagasan Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, dengan harapan membantu masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan.

Adanya program home care tentu saja tim layanan kesehatan yang mendatangi langsung warga Kota Banjarbaru.

Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana mengutarakan, dua program layanan ini akan direalisasikan 2022.

“Program home care ialah petugas kesehatan langsung datang ke rumah memberikan layanan kesehatan kepada warga Kota Banjarbaru,” katanya.

Memang, ini tidak jauh berbeda dengan layanan diberikan Puskesmas. Layanan itu juga bekerjasama Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial.

Program ini diharapkan sangat membantu layanan kesehatan masyarakat, karena masyarakat terlayani langsung fasilitas kesehatannya.

Selain program home care, rumah sakit satu-satunya milik Pemko Banjarbaru itu memiliki layanan operasi katarak.

“Sebelumnya tidak bisa karena terkendala sarana, sekarang sudah bisa,” ucapnya.

Waktu lalu ada rencana penyediaan layanan operasi katarak, tapi pandemi covid-19 dan recofusing anggaran mengharuskan untuk penanganan covid-19, rencana itu tertunda untuk pembelian peralatannya.

“Sekitar tahun 2020 sudah ada rencana itu,” imbuh dokter Danny.

Program layanan home care dan operasi katarak semakin menambah fasilitas layanan kesehatan bagi warga Kota Banjarbaru dari RSD Idaman.

Tinggalkan Balasan