Semarak Festival Pasar Terapung di Lok Baintan Kabupaten Banjar

Banjar1,096 Views

Katajari.com Semaraknya festival pasar terapung dilaksanakan di lokasi obyek wisata pasar terapung ternama di Kalimantan Selatan, di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Minggu (30/10/2022).

Ribuan jukung dihiasi berbagai pernak pernik tampak menyemarakkan kegiatan Festival Pasar Terapung, di dermaga Pasar Terapung Lok Baintan.

Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dadang Rizky Rahmad mengatakan, kegiatan seperti pasar terapung ini merupakan giat pariwisata yang tak lepas dari peran promosi di dalamnya.

Dadang mengajak semua aspek mempromosikan pariwisata termasuk peran media dalam pemberitaan terkait kegiatan Pasar Terapung ini dengan mengajak wisatawan untuk hadir dikegiatan tersebut.

”Karena akan membangkitkan sisi ekonomi daerah, dengan kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Festival Pasar Terapung di Kalimantan Selatan, di Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Minggu (30/10/2022) pagi. (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar)

Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor menyampaikan, apresiasi kepada Pemkab Banjar atas terlaksananya kegiatan dan berharap sinergitas antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat terus terjalin, sehingga program yang dilaksanakan dapat seirama dan pembangunan dapat cepat berjalan.

“Kegiatan juga merupakan salah satu bagian dari tiga kegiatan “Kharisma Even Nusantara “dan ini sangat membanggakan Kabupaten Banjar terpilih oleh Kemenparekraf di program kegiatan tersebut” ungkap Gubernur yang akrab disapa Paman Birin.

Di tempat sama, Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, event tahunan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Banjar kali ini dilaksanakan dengan konsep hybrid mengangkat tema ”Semangat Menggenggam Tradisi Budaya Sungai Masyarakat Banjar”.

Saidi juga merinci berbagai rangkaian kegiatan di festival pasar terapung ini yang bisa disaksikan oleh para pengunjung.

”Rangkaian kegiatan Festival Pasar Terapung Lok Baintan, seperti penampilan formasi jukung, lomba fotografi, live musik dan bazar ekonomi kreatif,” jelas Saidi.

Dirinya menambahkan, kegiatan diharapkan kembali meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seluruh potensinya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Staf Ahli Kemenparekraf Dadang Rizky Rahmad, Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan kunjungan ke beberapa peserta Festival Pasar Terapung.

Kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie, unsur Forkopimda, seluruh Kepala SKPD dan unsur Forkopimcam setempat.

Tinggalkan Balasan