Semua Kecamatan di Kabupaten Banjar Bakal Dapat Mengakses Internet

Banjar1,150 Views

Katajari.com Misi Bupati Banjar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Saidi Mansyur dan Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyie “Merdeka Sinyal” pada tahun 2024 bahwa seluruh kecamatan dapat mengakses jaringan internet, nampaknya akan segera dapat terwujud.

Sebab, selama ini tak semua kecamatan mudah mengakses jaringan internet seperti sebagian Kecamatan Aranio dan Paramasan.

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar terus melakukan berbagai peningkatan pelayanan di bidang telekomunikasi dan jaringan internet, di antaranya membangun beberapa Base Transceiver Station (BTS) di seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar.

Terkait hal tersebut dilaksanakan Rapat koordinasi (Rakoor) tentang ”Pembangunan Menara Telekomunikasi dan Pemasangan Jaringan Internet Kecamatan” di Comand Center Manis, Rabu (09/11/2022) pagi.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith yang membuka rakoor menjelaskan, kegiatan dalam rangka memberikan informasi kepada para camat terkait rencana internet akan dapat diakses di seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar.

“Jaringan internet nantinya menggunakan Fiber Optic (FO) dengan 20 kecamatan yang ada.

“Dari pusat pertama kita mendapatkan 30 BTS dan Alhamdulillah tadi malam kita mendapatkan kabar tambahan 17 BTS jadi total ada 47 BTS di tahun 2022 ini,” ungkap Basith.

Aidil Basith juga meminta dukungan para camat untuk memberikan informasi tentang wilayah blank spot untuk ditindaklanjuti oleh pihak Kominfo nantinya.

Dirinya menambahkan, pembangunan tambahan 17 titik BTS akan dilakukan dalam waktu dekat, sehingga target tahun 2024 seluruh ruang lingkup kecamatan sudah terkoneksi jaringan internet FO dapat terlaksana tanpa kendala.

17 titik tambahan BTS terletak di Desa Tiwingan Baru dan Tiwingan Lama, Kecamatam Aranio. Desa Surian Hanyar, Banua Hanyar, Makmur Raya, Sumber Sari, Simpang Lima dan Keramat Mina di Kecamatan Cintapuri Darussalam.

Kemudian, Desa Atiim, Lubang Baru, Penyiuran dan Maniapun di Kecamatan Pengaron. Desa Gunung Batu, Batang Banyu, Sungai Lurus, Batu Tanam dan Pasar Baru di Kecamatan Sambung Makmur.

Rakoor ini juga dihadiri Kabid Penyelenggaraan E–Government Cornelius Kristiyanto, Kasi Infrastruktur dan Teknologi Informasi DKISP Rifki Alamsyah dan seluruh camat di Kabupaten Banjar.

Sesuai peta administrasi Kabupaten Banjar memiliki luas wilayah ±4.668,50 Km2, merupakan wilayah terluas ke tiga di Provinsi Kalsel setelah Kabupaten Kotabaru dan Kabuaten Tanah Bumbu. Terdiri dari 20 kecamatan, 277 desa dan 13 kelurahan.

Kondisi topografi di wilayah beraneka ragam, tidak sepenuhnya dataran. Perbukitan dan pegunungan di bagian sebelah utara dan timur. Bagian sebelah barat dan selatan terdapat dataran rendah berupa tanah biasa dan tanah rawa.

Tinggalkan Balasan