Banjar  

Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-walidata SIPD RI di Aula Baiman Martapura

Bappedalitbang Kabupaten Banjar menggelar acara Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-walidata SIPD RI yang dibuka langsung Kepala Bappedalitbang Nashrullah Shadiq, Kamis (15/02/2024) pagi bertempat di Aula Baiman Bappedalitbang Kabupaten Banjar. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Katajari.com Bappedalitbang Kabupaten Banjar menggelar acara Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-walidata SIPD RI yang dibuka langsung Kepala Bappedalitbang Nashrullah Shadiq, Kamis (15/02/2024) pagi bertempat di Aula Baiman Bappedalitbang Kabupaten Banjar.

Ia didampingi Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Banjar Hanafi dan  Mujahid selaku Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi.

Sosialisasi dilaksanakan untuk memenuhi amanah undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 274, penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah berdasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah.

Juga, surat Menteri Dalam Negeri nomor 600.5.4/48/sj tanggal 6 januari 2023 tentang implementasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD-RI).

Nasharullah menyampaikan bahwa adanya dualisme tentang data yaitu ewalidata dari Kementerian Dalam Negeri (Bina Pembangunan Daerah) dan Satu Data Indonesia (SDI) dari Bappenas.

“Tujuannya sama-sama dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan,” katanya.

Dua aplikasi ini saling terintegrasi yang artinya diarahkan untuk melakukan pengisian pada E-walidata.

Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-walidata SIPD RI, Kamis (15/02/2024) pagi bertempat di Aula Baiman Bappedalitbang Kabupaten Banjar. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Acara sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan Irwan Ari Danu, ST,M.Eng dengan materi tentang pengenalan E-walidata pada SIPD RI, serta bagaimana cara penyusunan tahapan pada perencanaan pemilahan data berdasarkan urusan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar oleh Eddy Erwan Nopianoor, S.Si, MP. dengan materi Pengenalan Satu Data Indonesia.

Diharapkan kepada walidata pendukung atau produsen data untuk mengimplementasikan SIPD-RI yang salah satunya terkait data statistik sektoral daerah (DSSD).

Dengan memanfaatkan e-walidata pada informasi pembangunan daerah dalam SIPD-RI yang dapat diakses melalui situs laman https://sipd-ri.kemendagri.go.id/ewalidata.    

Kegiatan ini dihadiri seluruh SKPD se Kabupaten Banjar dengan menghadirkan pejabat yang menangani penyediaan data perangkat daerah (penanggung jawab dan operator data). (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *