oleh

Surat Al Hujurat Ayat 12: Larangan Berprasangka Buruk dan Ghibah

-Religi-4.212 views

Katajari.comSurat al Hujurat ayat 12 melarang kita untuk berprasangka buruk dan ghibah atau bergosip. Ghibah atau bergosip perbuatan yang tidak disukai oleh Nabi Muhammad SAW yang berarti juga tidak disukai oleh Allah SWT.

Peringatan mengenai ghibah dan tidak boleh berprasangka buruk itu tercantum dengan jelas dalam surat Al Hujurat ayat 12 yang berbunyi sebagai berikut ini.

Bacaan latin surat Al Hujurat ayat 12

Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuu ijtanibu katsiiran minazh-zhonni inna ba’dhazh-zhanni itsmun wala tajassasuu walaa yaghtab ba’dhukum ba’dhan ayuhibbu ahadukum an ya’kula lahma akhiihi maitan fakarihtumuh wattaqullaha innallaha tau-sabun rahimun

Arti surat Al Hujurat ayat 12

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka buruk (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka buruk itu dosa. Dan janganlah sebagian kalian mencari-cari keburukan orang dan menggunjing satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Bila kita cermati, berikut larangan-larangan bagi umat Islam yang tercantum dalam surat Al Hujurat ayat 12 di atas.

1. Surat Al Hujurat ayat 12 melarang kita untuk membicarakan keburukan orang lain

2. Surat Al Hujurat ayat 12 menegur kita dari kebiasaan berprasangka buruk terhadap saudara atau orang lain, sangat dianjurkan untuk tidak berprasangka buruk yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.

3. Surat Al Hujurat ayat 12 menyuruh orang-orang yang memiliki kebiasaan bergosip dan berprasangka buruk untuk segera bertaubat, Allah SWT senantiasa menerima orang-orang yang bertaubat sebab Allah sesungguhnya Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Demikian itu ulasan singkat mengenai surat Al Hujurat ayat 12 disarikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!

Tulisan: Chyntia Sami Bhayangkara

Komentar

Tinggalkan Balasan