Tiga Lokasi Turdes Kemerdekaan di Martapura Menjadi Lokasi Tanam Pohon

Penanaman Bibit Pohon Mahoni oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin, Rabu (9/8/2023) di Martapura. (Foto: Dishut Kalsel/Katajari.com)
Penanaman Bibit Pohon Mahoni oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin, Rabu (9/8/2023) di Martapura. (Foto: Dishut Kalsel/Katajari.com)

Katajari.com SMA Negeri 2 Martapura Kabupaten Banjar menjadi persinggahan awal rombongan Turdes Kemerdekaan 2023 di kota Martapura, kegiatan langsung diawali dengan penanaman Bibit Pohon Mahoni oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin, Rabu (9/8/2023).

Bergeser ke Pondok Pesantren Darusalam dan Pondok Tahfiz Qur’an Kota Martapura menjadi momentum terakhir rangkaian Turdes 9 Kemerdekaan yang digaungkan Paman Birin.

Kabupaten Banjar adalah rute terakhir setelah 1000 km lebih ditempuh Rombongan Turdes Kemerdekaan dan kegiatan diawali dengan penanaman Gerakan Revolusi Hijau oleh Paman Birin.

Diiringi selawat kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, Paman Birin melakukan penanaman bersama Tuan Guru Wildan Salman selaku pimpinan pondok pesantren tersebut.

Penanaman bibit pohon mahoni ini berlangsung meriah dan hikmat penanaman ini langsung didampingi Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel Hj. Fatimatuzzahra dan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi Rini Hartati.

Bergerak ke Pondok Pesantren Darusalam Martapura, rombongan disambut kemeriahan dari para santri-santri yang tengah menunggu kedatangan rombongan Turdes.

Di lokasi itupula Paman Birin menanam bibit Pohon Mahoni secara simbolis untuk menggalakan penghijauan di Banua Kalimantan Selatan.

Lelah tak terlihat dari paras para rombongan karena di lokasi ini kemeriahan dan suasana para santri dan masyarakat yang membludak menyambut rombongan dengan suka cita.

Adanya kegiatan penanaman gerakan Revolusi Hijau ini diharapakan menciptakan kecintaan di kalangan para santri-santri yang menuntut ilmu Agama Islam tersebut semakin cinta dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan.

“Menanam serta memeliharanya karena itu semua adalah sebagian dari ketaqwaan dan keimanan kita sebagai makhluk yang beragama,” kata Paman Birin.

Dalam rangkaian ini juga dibagikan bibit pohon secara gratis oleh KPH Kayu Tangi, dan pembagian bibit ini disambut baik oleh masyarakat dan santri yang ikut menghadiri Turdes Kemerdekaan di Ponpes Darussalam Martapura.

Rangkaian turdes kemerdekaan ini sudah menempuh jarak lebih dari 1000 km diawali dari Banjarmasin mengunjungi kabupaten dan kota di Kalsel, tiba di Kabupaten Banjar dilanjutkan  menuju Desa Kiram dalam rangkaian penutupan kegiatan. (dishutkalsel/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *