Banjar  

Tim Penggerak PKK Kecamatan Mataraman Menggelar Rapat Koordinasi

PKK Kecamatan Mataraman menggelar Rakor untuk meningkatkan kinerja kader dan mengevaluasi program, Rabu (17/5/2023). (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/Katajari.com)
PKK Kecamatan Mataraman menggelar Rakor untuk meningkatkan kinerja kader dan mengevaluasi program, Rabu (17/5/2023). (Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Katajari.comPKK Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk meningkatkan kinerja kader sekaligus mengevaluasi program, Rabu (17/5/2023) di Desa Sungai Jati.

Sebagai kegiatan rutin, PKK Kecamatan Mataraman menggelar Rakor untuk meningkatkan kinerja kader dan mengevaluasi program yang sudah, sedang atau akan dilakukan di Desa Sungai Jati.

Selaku narasumber Qomariyah selaku public relation sebuah perusahaan, membahas tentang peran perempuan dalam pembangunan daerah.

Menurut Nor, keberadaan PKK penting dalam tonggak sejarah perempuan di Indonesia, tak hanya berperan dalam keluarga, melainkan dalam pendidikan, kesehatan, pangan hingga tata laksana rumah tangga yang juga mencakup lingkungan hidup.

“Program ini tentu sejalan dengan model Pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat  atau PPM,” katanya.

Terutama dalam aspek 6 tentang lingkungan dan aspek 7 yang fokus dalam kelembagaan komunitas.

Sinergi ini tentu menjadi awal yang baik bagi kita untuk terus berkolaborasi, selain kedua aspek di atas, adalah aspek kemandirian ekonomi di aspek 4 yang juga bisa dicapai dengan model pemberdayaan perempuan.

Dikatakan Nor, Dalam hal ini perusahaan melakukan kegiatan Agriculture Go and Act Now (AGAN) sebagai inovasi yang mendorong tata laksana rumah tangga, khususnya untuk perempuan melalui PKK dan Kelompok Wanita Tani menghidupkan kembali pekarangannya.

Selain asri, perempuan juga dapat mengurangi pengeluaran harian rumah tangga sekaligus peningkatan gizi keluarga

“Program ini sejalan dengan pembangunan SDM yang dicanangkan Indonesia hingga 2024 melalui pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berperspektif gender,” jelas dia.

Sementara, Ratu Juriah sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Mataraman yang juga anggota DPRD Kabupaten Banjar ini mengatakan, peran perusahaan sejauh ini sudah banyak membantu pihak Kecamatan Mataraman dalam berbagai bidang.

Termasuk kesehatan dengan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, balita dan lansia. Begitu juga dengan pendidikan dan pertanian.

 ”Ini merupakan bukti nyata bagaimana antara pemerintah daerah, masyarakat dan perusahaan bisa berkolaborasi dalam pembangunan, khususnya SDM,” ungkap Juriah.

Dalam kesempatan ini, dua perusahaan juga membagikan door prize berupa tumbler minum untuk 8 kader PKK terbaik dan aktif dalam mengikuti rakor.

Apresiasi ini tentu menjadi motivasi bagi para ibu kader PKK untuk terus berkreativitas dan berinovasi dalam pengembangan dan pemberdayaan, mewujudkan keluarga yang sejahtera. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *