oleh

Timnas Putri Indonesia Dampingi Filipina dan Thailand

Katajari.com Laju timnas Putri Indonesia menuju putaran final gelaran Piala Asia Wanita di India tahun depan tak terbendung. Ini melengkapi perwakilan Asia Tenggara, selain Filipina dan Thailand.

Sebelum lolos itu Indonesia kembali berhadapan dengan sesama tim asal Asia Tenggara, Singapura, dalam leg kedua babak kualifikasi Piala Asia Wanita grup C.

Baiq Amiatun Shalihah dan kawan-kawan berhasil kembali mengungguli sang lawan dengan skor identik, 1-0 melalui gol tunggal yang diciptakan oleh Nurmalita di menit ke 30.

Agregat skor 2-0 memuluskan langkah Skuat Garuda Pertiwi untuk menjadi salah satu dari 12 partisipan kejuaraan yang akan dimulai pada tahun depan tersebut.

Keberhasilan Indonesia melaju ke putaran final menambah jumlah negara yang telah memastikan diri lolos ke putaran final menjadi 9 negara.

Sebelumnya, tuan rumah India selaku negara penyelenggara, menjadi tim yang otomatis lolos tanpa melalui babak kualifikasi.

Pun demikian dengan tiga negara lainnya yang mendapatkan privilege karena menjadi tiga tim terbaik di gelaran edisi 2018.

Jepang yang menjadi juara bertahan, Australia sang runner up dan juga China peringkat ketiga edisi 2018, mendapatkan tiket otomatis lolos ke putaran final melalui “jalur prestasi”

Selain empat negara yang otomatis lolos ke putaran final tahun depan, lima negara lainnya telah mengonfirmasi diri lolos ke putaran final melalui babak kualifikasi.

Dari grup E, Korea Selatan yang satu grup dengan Uzbekistan dan Mongolia, berhasil menjadi pemuncak grup dan mendapatkan satu tiket ke putaran final.

Dari Timur Tengah, Iran yang menghuni grup G, mencatatkan sejarah dengan melakukan debut atau lolos ke putaran final untuk pertama kalinya, setelah melalui pertarungan sengit melawan Jordania berujung adu tendangan penalty.

Dua tim Asia Tenggara, yakni Filipina dan juga Thailand, kembali mengamankan satu slot putaran final setelah menjadi pemuncak grup masing-masing.

Thailand yang merupakan salah satu kekuatan persepakbolaan wanita Asia, mampu menjadi yang terbaik di grup H yang dihuninya bersama dengan Malaysia dan tuan rumah babak kualifikasi, Palestina.

Sementara Filipina, mewakili grup F setelah mengandaskan asa Nepal dan Hong Kong di babak kualifikasi.

Tim terbaru yang lolos ke putaran final sehingga menjadi negara ke 9 yang lolos ke India adalah Indonesia.

Garuda Pertiwi lolos ke putaran final setelah mengandaskan Singapura dengan agregat 2-0 dalam dua kali laga yang mereka jalani. Selamat untuk Garuda Pertiwi! (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan