oleh

Tingginya Kalori yang Terkandung Pada Pisang Goreng

Katajari.comSebagai salah satu makanan favorit orang Indonesia, sudah barang tentu gorengan sangat mudah ditemukan di manapun, kapanpun.

Salah satu jenis gorengan paling populer adalah, pisang goreng. Pisang sendiri dikenal sebagai buah kaya nutrisi. Hanya saja, karena pengolahannya yang salah, nutrisi tersebut bisa urung didapat.

Satu hal yang pasti, di balik kelezatannya, kalori pisang goreng amatlah tinggi. Bahkan dalam satu buah, kalori pisang goreng setara dengan sepiring nasi.

Padahal saat dikonsumsi dalam bentuk buah, pisang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Di dalam pisang terdapat kandungan potasium, kalsium, zat besi, juga antioksidan.

Beda cerita saat setelah diolah, seperti halnya digoreng. Kandungan nutrisi dalam buah pisang akan berkurang. Bahkan kalorinya akan semakin bertambah.

Tak heran jika segala jenis gorengan, termasuk pisang goreng adalah sumber kolesterol. Apalagi ditambah dengan bahan makanan lain seperti tepung dan gula.

Semua bahan itu digoreng dalam minyak yang membuatnya semakin tidak sehat. Kadungan kalori dan lemak jahat sangatlah tinggi.

Meskipun rasanya lezat, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menimbulkan penyakit dalam tubuh.

Dalam satu buah pisang goreng saja rata-rata mengandung 3,58 gram lemak. Berarti lebih dari 50 miligram kolesterol yang masuk dalam tubuh.

Artinya, satu porsi pisang goreng saja telah menyumbang 5 persen konsumsi lemak jenuh dalam tubuh. Sedangkan kalori pisang goreng mencapai 140 kalori setara dengan sepiring nasi.

Jadi sangat diimbau untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi pisang goreng, agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Sebagai alternatif olahan pisang, kamu bisa menikmati pisang dengan cara dikukus!

Selain tidak menambah kadar lemak tak jenuh dalam pisang, mengukus juga tidak menghilangkan terlalu banyak kandungan nutrisi dari pisang itu sendiri.

Yuk mulai hidup sehat dari sekarang! (suara.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan