ASN Pemprov Kalimantan Selatan Gotong Royong Bersihkan Sampah

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) bergotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan Ahmad Yani Km 4 Banjarmasin hingga Km 17 Gambut, Banjar Jumat (19/1/2024) pagi. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/Katajari.com)
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) bergotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan Ahmad Yani Km 4 Banjarmasin hingga Km 17 Gambut, Banjar Jumat (19/1/2024) pagi. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/Katajari.com)

Katajari.com Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) bergotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan Ahmad Yani Km 4 Banjarmasin hingga Km 17 Gambut, Banjar Jumat (19/1/2024) pagi.

Aksi bersih-bersih ini sesuai arahan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dengan leading sektor Dinas Lingkungan Hidup (DLH Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun 4 sampai 5 SKPD berkolaborasi dengan TNI dan petugas kebersihan membersihkan 1 titik dari 15 titik yang sudah ditentukan.

Aksi ini dilakukan sebagai langkah proaktif untuk menghindari genangan air yang dapat memicu banjir di berbagai daerah.

ASN dengan semangat gotong royong membersihkan sampah-sampah
yang dapat menyumbat aliran air, termasuk daun-daun yang dapat menjadi penyebab tersendatnya aliran air hujan.

Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, aksi bersih-bersih ini merupakan bagian dari program merdeka sampah jalan protokol yang melibatkan SKPD Pemprov Kalsel dan Kabupaten Banjar.

“Sebenarnya ini menjadi kewajiban teman-teman kabupaten kota, tentunya provinsi bisa menjadi contoh yang baik karena persoalan sampah bukan hal yang sepele,” katanya.

Menurut Hanifah, sampah dapat menyumbat drainase sungai dan bisa menjadi genangan tempat dimana nyamuk bisa berkembang biak.

“Musim hujan bisa menjadi penyebab banyaknya penyakit, sampah ini juga secara estetika sangat tidak menarik untuk menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kabupaten kota untuk melakukan tindakan preventif yang serupa. Dengan demikian, diharapkan risiko banjir dapat diminimalkan.

Dalam aksi merdeka sampah itu, setidaknya selama kurang lebih 2 jam pelaksanaan aksi sebanyak 225 kantong sampah atau total 4,39 ton sampah berhasil dikumpulkan.

Sampah yang didominasi plastik tersebut, dikirim ke TPA Regional Banjarbakula, TPA Cahaya Kencana kabupaten Banjar, dan TPA Basirih Banjarmasin.

Selain ratusan ASN lingkup pemerintah provinsi Kalsel, aksi bersih – bersih ini juga melibatkan para petugas kebersihan kota Banjarmasin dan kabupaten Banjar, serta unsur TNI, Termasuk masyarakat sekitar, yang ikut tergerak membantu kegiatan aksi kebersihan. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *