Gubernur Kalsel: Kabupaten Tanah Bumbu Penghasil Sektor Pertanian dan Pertambangan

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Hj. Raudatul Jannah dalam sambutan pada puncak acara peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (08/4/2024) sore di Batulicin. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com – Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memberikan sumbangsih yang besar, khususnya di sektor pertanian dan sektor pertambangan.

Sektor pertanian Tanah Bumbu telah menopang ketahanan pangan di Kalimantan selatan. Sementara, sektor pertambangan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Hj. Raudatul Jannah dalam sambutan pada puncak acara peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (08/4/2024) sore di Batulicin.

Disampaikan Paman Birin, dengan memasuki usia ke-21, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu maupun masyarakat harus menggali potensi-potensi lain selain pertanian dan pertambangan, salah satunya sektor pariwisata maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Tanah Bumbu memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa, yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata.

“Sementara sektor UMKM dapat menjadi penggerak ekonomi kerakyatan dan penyedia lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Paman Birin.

Untuk itu, Paman Birin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan daerah secara gotong royong. pemerintah, swasta, dan masyarakat harus bersinergi dan bahu-membahu dalam upaya membangun Kabupaten Tanah Bumbu yang lebih maju, sejahtera, dan berkelanjutan.

“Insya Allah, peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu ini akan terasa lebih bermakna, seiring keutamaan bulan Ramadan. Di usia 21 tahun,” ucapnya.

Mudah-mudahan, sambung dia, Kabupaten Tanah Bumbu terus bergerak maju dan berkembang, dengan tata kelola pemerintahan yang baik serta partisipasi dan kepedulian warga terhadap kondisi daerahnya.

Hj. Raudatul Jannah serahkan Piala Adipura Kabupaten Tanah Bumbu pada puncak acara peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (08/4/2024) sore di Batulicin.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini salah satu program pemerintah adalah Program Cuci Kaki Ibu.

Kenapa hanya ibu? Karena ibu itu spesial, mulai dari mengandung, melahirkan dan menyusui hanya ibu yang bisa, makanya ibu harus kita hargai.

“Oleh sebab itu, melalui program cuci kaki ibu ini kita harapkan akan lahir anak-anak yang taat, cinta, dan saya kepada ibunya,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya bersama jajaran pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus memantapkan komitmen demi hanya semata-mata karena ibadah dan membawa Tanah Bumbu semakin berkah bagi seluruh warganya.

Sementara dalam tausiahnya, KH. Zainuddin Rais pimpinan Majelis Taklim Nurul Mu’minin Desa Menarap Kabupaten Banjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Bumbu karena telah membuat program Satu Desa Satu Masjid.

Ini program yang begitu sangat bagus yang harus didukung oleh seluruh masyarakat Tanah Bumbu.

“Semoga beliau ini selalu diberikan kesehatan untuk terus membangun Tanah Bumbu. Usia ke-21 ini, Tanah Bumbu semakin berkah, dan menjadi Kabupaten Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghafur,” harapnya.

Seusai tausiah, acara dilanjutnya dengan pemberian penghargaan yang diserahkan Acil Odah kepada Bupati Tanah Bumbu atas capaiannya yang mendapat piala Adipura dari pemerintah pusat. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *