Kabar Gembira Para Pencari Kerja, Paman Birin Membuka 1500 Lowongan Kerja

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka 1500 lowongan kerja yang terungkap pada Job Fair Kalsel 2024, Selasa (25/6/2024) di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com – Informasi penting bagi pencari kerja karena Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka 1500 lowongan kerja yang terungkap pada Job Fair Kalsel 2024, Selasa (25/6/2024) di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Job Fair Kalsel 2024 ini diikuti 40 perusahaan dari berbagai sektor usaha, dengan setidaknya 1.500 lowongan pekerjaan.

Pada pembukaan itu, Paman Birin menyeruhkan sinergitas para pemangku kepentingan untuk hadapi tantangan ketenagakerjaan..

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, sektor swasta dan lembaga pendidikan, untuk bersinergi dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan,” seru Paman Birin.

Paman Birin menyampaikan, bahwa ada kesenjangan antara kesempatan kerja dan jumlah angkatan kerja.

“Ketidakseimbangan ini terjadi karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kesempatan kerja. Situasi inilah yang perlu kita atasi bersama dengan strategi dan kebijakan yang tepat,” sampai Paman Birin.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Paman Birin menyerukan tiga hal untuk menghadapi tantangan ketenagakerjaan tersebut.

“Pertama, meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan serta pelatihan vokasi agar sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Paman Birin.

“Kemudian memfasilitasi pengembangan keterampilan dan peningkatan kompetensi angkatan kerja kita, agar mampu bersaing di era digital,” lanjut Paman Birin.

“Dan yang terakhir, memperkuat kerjasama antara pemerintah dan industri dalam mengidentifikasi dan mengisi kesenjangan keterampilan,” sampai Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa Job Fair Kalsel 2024 ini merupakan salah satu upaya penerintah dalam memfasilitasi dan menjembatani para penyedia dan pencari kerja.

“Acara ini merupakan jembatan penting yang mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” ujar Paman Birin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi yang berhadir pada kegiatan ini, menyampaikan bahwa ada 40 perusahaan dari berbagai sektor usaha, dengan setidaknya 1.500 lowongan pekerjaan, berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair 2024 Kalsel ini.

Anwar juga menyampaikan apresiasinya untuk Paman Birin, karena kepemimpinan Paman Birin berhasil membawa angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kalsel jauh lebih rendah dari TPT Nasional.

“Meskipun TPT Nasional telah mencatatkan terendah dalam beberapa tahun terakhir, yakni 4,82 persen, namun TPT Kalsel ada di angka yang lebih rendah, yaitu di angka 3,81 persen. Saya yakin ini karena kepemimpinan Gubernur Kalsel yang luar biasa,” sampainya.

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka 1500 lowongan kerja. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Anwar juga menyampaikan apresiasinya kepada Mars Bergerak ciptaan Paman Birin, yang menurutnya selaras dengan tujuan Indonesia di bidang ketenagakerjaan saat ini.

“Mars Bergerak menunjukkan spirit untuk bangkit, bersatu dan memanfaatkan seluruh karunia illahi yang diberikan kepada Kalsel untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera di Kalsel, sebagai Gerbang IKN,” ujarnya.

Anwar juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Job Fair 2024 ini serta terselip harapan agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur dan seluruh jajaran, kepada para penyedia lapangan kerja dan kepada masyarakat Kalsel. Semoga kegiatan ini berjalan sukses dan dapat bermanfaat, utamanya untuk Provinsi Kalsel” harapnya.

Pada kegiatan ini, Paman Birin juga menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah perusahaan dan penyedia kerja yang mempekerjakan para penyandang disabilitas.

Para penerima penghargaan ini ialah, PT Trio Motor, PT Sinar Nusantara Industries, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Jobsite Adaro), PT Sumber Alfaria Trijaya, RSD Idaman Banjarbaru, dan CV Berlina Jaya Abadi. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *