Lomba Cerdas Cermat Permuseuman Tingkat Nasional

Katajari.com Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru telah menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) bertempat di museum ini. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 5 sampai 7 Agustus 2022.

Kegiatan diikuti oleh 13 sekolah yang merupakan perwakilan dari setiap Kabupaten atau Kota.

Pada babak penyisihan Tanah Bumbu melawan Batola (Tanah Bumbu Menang), Tanah Laut melawan Hulu Sungai Selatan (Tanah Laut menang), Banjar melawan Hulu Sungai Tengah (Banjar menang).

Juara I lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)
Juara I lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)

Hulu Sungai Utara melawan Balangan (Balangan menang), Tapin Melawan Tabalong (Tabalong menang). Banjarbaru, Kotabaru, Banjarmasin (Banjarbaru menang).

Pada babak Semifinal bertanding Tanah Bumbu melawan Tanah Laut (Tanah Laut menang), Banjar melawan Balangan (Banjar menang), dan Tabalong melawan Banjarbaru (Banjarbaru menang).

SMPN 1 Banjarbaru Mewakili Kalimantan Selatan

Oleh karena itu Babak Final diikuti oleh Tanah Laut, Banjar dan Banjarbaru, dengan urutan kejuaraan sebagai berikut: Banjarbaru sebagai Juara Pertama dengan nilai 1.400, Banjar sebagai Juara Kedua dengan nilai 400 dan Tanah Laut  sebagai Juara Ketiga dengan nilai 300.

Dengan demikian SMP Negeri 1 Banjarbaru berhak mewakili Kalimantan Selatan pada Lomba Cerdas Cermat Museum tingkat nasional.

Juara II lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)
Juara II lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)

Darmanto, S.A.P, M.Hum selaku ketua panitia menyampaikan bahwa satu di antara tugas Museum adalah menyebarluaskan informasi benda warisan budaya Nusantara serta berupaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Museum.

Lomba Cerdas Cermat (LCC) merupakan salah satu upaya Museum untuk mencapai hal tersebut. Kegiatan LCC merupakan bentuk nyata Museum  dalam menyebarluaskan  informasi mengenai museum.

Juara III lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)
Juara III lomba cerdas cermat. (Foto: Museum Lambung Mangkurat)

Perjalanan sejarah Bangsa Indonesia kepada kalangan pelajar agar mereka menjadi generasi yang cendekia, berbudaya dan memiliki  karakter yang kuat. Dalam kesempatan itu dia juga memohon doa dan dukungan masyarakat Kalsel agar perwakilan Kalsel dapat memperoleh Juara.

Tinggalkan Balasan