Banjar  

Perencanaan Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Banjar

Focus Group Discussion (FGD) penyusunan RPJPD Kabupaten Banjar diadakan selama dua hari Senin 28 Agustus dan Selasa 29 Agustus 2023 di Aula Baiman dan Aula Bauntung Bappedalitbang Kabupaten Banjar.  (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/katajari.com)

Katajari.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan mengharapkan mendapatkan masukan terhadap penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Tindak lanjut ini melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan selama dua hari Senin 28 Agustus dan Selasa 29 Agustus 2023 di Aula Baiman dan Aula Bauntung Bappedalitbang Kabupaten Banjar.

Kegiatan dibuka langsung oleh Sekda Banjar Mokhamad Hilman serta didampingi oleh Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Siti Hamidah.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam agenda rapat di antaranya lini masa penyusunan dokumen RPJPD dan RPJMD yang menyatakan bahwa pemerintah daerah pada tahun 2023 akan menyusun RPJPD Tahun 2025-2045.

Musrenbang RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 tahun sebelum berakhirnya periode RPJPD yang sedang berjalan (UU 25/2004 pasal 11 ayat (3).

Sekda Banjar menjelaskan bahwa pada dokumen RPJPD yang sudah disusun dapat menjadi pedoman calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada tahun 2024 serta penyusunan RPJMD teknokratik 2025-2030.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan diskusi terfokus bersama SKPD se Kabupaten Banjar.

Hamidah meminta SKPD berperan aktif untuk menyampaikan permasalahan dan isu strategis serta data yang diperlukan oleh tim ahli.

Hal itu dikarenakan data dan ketajaman analisis merupakan kunci utama tajamnya perumusan visi misi daerah dan sasaran pokok Kabupaten Banjar untuk keperluan perencanaan 20 tahun mendatang.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh asisten, staf ahli, direktur, kepala badan, kepala dinas, camat se-Kabupaten Banjar.

“Diharapkan orientasi penyusunan ini dapat berjalan dengan lancar dan adanya kesepahaman antar pemangku kepentingan dan SKPD, dan SKPD diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan ini,” ungkap Sekda Banjar. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *