Wakapolri Terima Gelar Kehormatan Sebagai Warga Banjar

Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sa-Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menganugerahi gelar kehormatan warga Banjar kepada Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (2/10/2023) malam. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com – Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sa-Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menganugerahi gelar kehormatan warga Banjar kepada Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Agus Andrianto di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (2/10/2023) malam.

Penganugerahan ditandai dengan prosesi tapung tawar dipimpin KH. Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan  kepada Wakapolri.

Kemudian, prosesi penganugerahan Wakapolri menjadi warga Banjar ditandai dengan pemakaian pakaian adat Banjar oleh Paman Birin.

Usai prosesi, Paman Birin ini mengatakan, suatu kebanggaan baginya,dimana seorang perwira tinggi Polri, berada dalam keluarga besar Banjar dan sekaligus menjadi bagian dari Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB).

“Untuk itu, saya selaku Ketua Umum Pengurus Pusat KBB Sa Dunia, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dalam kerukunan bubuhan banjar kepada bapak Wakapolri,” kata Paman Birin, yang juga Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel).

Paman Birin menuturkan, perhimpunan KBB ini akan membuahkan manfaat dan kebaikan bagi negeri ini, karena KBB terbentuk bukan untuk menonjolkan suku bangsa Banjar.

Tapi, melalui dari kerukunan KBB inilah urang Banjar yang bertebaran dari Sabang sampai Merauke, bahkan hingga kawasan Asia Tenggara, mengikatkan diri untuk memelihara persatuan dan kesatuan dalam NKRI.

“Organisasi kerukunan bubuhan banjar, telah terbentuk diberbagai provinsi di Indonesia. Bahkan juga sudah membentuk KBB Sa- Dunia. dengan demikian, organisasi ini mewadahi keluarga besar banjar dalam lintas negara,” ucapnya.

Penganugerahan ditandai dengan prosesi tapung tawar dipimpin KH. Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan  kepada Wakapolri, Senin (2/10/2023) malam. (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Paman Birin menambahkan, penyebaran urang Banjar ini menjadi kebanggaan ,karena inilah pertanda dan bukti bahwa urang Banjar bisa diterima oleh suku bangsa dari manapun.

“Selain menyebar di mana mana, suku banjar juga turut memberikan kontribusi untuk bangsa indonesia, sejak di zaman perjuangan hingga masa kemerdekaan sekarang ini,” katanya.

Paman Birin juga berharap, karakter suku Banjar yang terkenal religius, ramah, suka menolong, hormat dan menghargai suku lain, akan selalu tumbuh dalam jiwa dan raga seluruh urang Banjar dimanapun berada.

“Oleh karena itu, maka kita semua berkewajiban untuk memelihara dan mempertahankan nilai nilai positif yang menghiasi sikap dan perilaku urang banjar, yang selalu mendapat tempat dan diterima dalam pergaulan dan interaksi dengan suku bangsa lainnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin bersama keluarga besar KKB siap menjaga NKRI.

“Kita keluarga besar banjar siap menjaga nkri, cinta damai, dan siap menjadi mercu suar untuk kerukunan, ketertiban dan ketenteraman,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia, Komjen Agus Andrianto menyampaikan ucapan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikannya kepadanya.

“Terimakasih atas penghargaan tersebut. Kami merasa terhormat dan berbangga diri karena diterima sebagai anggota kehormatan warga kerukunan buhan Banjar,” katanya.

Agus berharap, dirinya dapat memberikan kontribusi kepada warga banjar dan seluruh masyarakat di Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Berbeda-beda namun tetap satu jua,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut tokoh-tokoh Bubuhan Banjar di antaranya H. Husin Nafarin, Gusti Rusdi Effendi, Guru Supian, Taufik Arbain, Ahmad Solhan, dan Rusbandi.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, sejumlah pimpinan Forkopimda Kalsel lainnya seperti Kapolda Irjen Andi Rian, Kajati Kalsel.

Disamping itu juga hadir pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel, menyaksikan penganugerahan kehormatan sebagai warga Banjar kepada Wakapolri. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *