Enam Wajah Baru dan Lima Wajah Lama Mengisi DPR RI Dapil Kalsel

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa. (Foto: Infopublik.id)

Katajari.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan telah menetapkan perolehan suara Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi di Banjarmasin, Sabtu (9/3/2024).

“Jadi untuk periode 2024-2029, DPRD provinsi 55 kursi, DPR RI 11 kursi dan DPD RI empat kursi telah diketahui siapa saja caleg terpilih dengan perolehan suara terbanyak,” kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, seperti dilansir Antara.

Untuk DPR RI, Partai Golkar meraih tiga kursi. Partai Amanat Nasional atau PAN meraih perolehan kursi yang sama, Nasdem dua kursi, PKS satu kursi, dan Gerindra dua kursi.

Dari daerah pemilihan atau dapil Kalsel 1, enam wakil rakyat yang melenggang ke Senayan adalah Bambang Heri Purnama dan Sandi Fitrian Noor dari Partai Golkar, Rifqinizamy Karsayuda dari NasDem, Habib Aboe Bakar Al Habsyi dari PKS, Muhammad Rofiqi dari Partai Gerindra dan Pangeran Khairul Saleh dari PAN.

Sementara, untuk dapil Kalsel 2, lima calon legislatif yang dipastikan lolos adalah Endang Agustina dan Sudian Noor dari PAN, Hasnuryadi Sulaiman dari Partai Golkar, Hj Mariana dari Partai Gerindra dan Rahmat Trianto dari Nasdem.

Adapun untuk empat senator yang terpilih mewakili Kalsel di DPD RI adalah Habib Zakaria Bahasyim, Muhammad Hidayattollah, H Gusti Farid Hasan Aman dan Habib Hamid Abdullah.

Tenri mengatakan pihaknya dijadwalkan mengikuti rapat pleno terbuka untuk tingkat nasional di KPU RI pada 12 Maret 2024.

“Rapat pleno nasional dilaksanakan setelah KPU RI melaksanakan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur,” ujarnya. (antara/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *