Gubernur Sahbirin Membuka Resmi Popda Kalsel 2024 di Kandangan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H.Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka resmi acara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda)  Kalsel 2024, Senin (13/5/2024) di lapangan Stadion 2 Desember Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). (Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/katajari.com)

Katajari.com Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H.Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka resmi acara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda)  Kalsel 2024, Senin (13/5/2024) di lapangan Stadion 2 Desember Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan pekan olahraga tingkat pelajar ini bakal dilaksanakan selama 7 hari terhitung sejak mulai 13-19 Mei 2024 diikuti oleh 1.338 atlet pelajar.

Adapun, delapan cabang olahraga (cabor) yaitu bola basket putra dan putri, bola voli indoor putra dan putri, bulutangkis, pencak silat, sepak takraw, sepakbola, tinju dan tenis lapangan.

Popda Kalsel ini diikuti 1.338 orang atlet pelajar se-Kalsel dengan 266 pelatih dan tim official klub sekitar 83 orang.

Diawali dengan defile atlet pelajar dari Kabupaten/Kota se-Kalsel memasuki lapangan. Mulai dari  kontingen Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut.

Kemudian, kontingen Tanah Bumbu, Kotabaru, Tabalong, Balangan, Amuntai, Tapin, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Selatan.

Pertunjukan silat menyambut kehadiran rombongan Gubernur Paman Birin tiba di lapangan. Penampilan dua pelajar tampak memukau saat menampilkan unjuk aksinya, menggunakan tongkat dan gerak tubuhnya yang tangguh, saling melawan antar pesilat.

Rangkaian upacara pembukaan dilanjutkan dengan perwakilan anggota atlet dan wasit diiringi oleh kedua tim paskibraka tengah membacakan teks ikrar janji atlet dan janji wasit. Dengan sigap, mereka melantangkan suaranya untuk bersumpah dalam menjalankan komitmen agar menjaga sportivitas dalam ajang olahraga tersebut.

Kemudian, momentum sambutan Paman Birin pun tiba.Di sepanjang karpet kuning, Paman Birin berlari dengan penuh semangat saat menuju podium untuk memberikan sambutan. Tepuk tangan bergemuruh dan langsung mengajak yel-yel bersama.

“Apabila saya menyebut salam olahraga, maka kalian menjawab, jaya-jaya dan jika saya menyebut bergerak, jawabannya adalah yes,” ajak Paman Birin, menyerukan salam olahraga dan slogan bergerak.

Menurut Paman Birin, jika tidak bergerak maka tubuh kita akan letoy atau lemah. Pada momentum pembukaan Popda Kalsel ini, Paman Birin menginginkan seluruh atlet dari kontingen berbagai daerah dapat menjadi pilar di Banua tercinta.

“Tentu, kita harapkan dapat menjaring bibit-bibit atlet olahraga yang berprestasi di Kalimantan Selatan. Popda Kalsel ini merupakan ajang olahraga yang berjenjang dan multi disiplin serta mampu meningkatkan kualitas SDM dalam pembinaannya itu,” sampai Paman Birin.

Paman Birin meyakini para atlet pelajar yang kini berlomba di tingkat Popda Kalsel akan melenggang ke nasional, bahkan tingkat Internasional.

“Tidak sedikit penjaringan atlet dari Popda Kalsel ini dapat berlaga dan mengharumkan nama daerah ke nasional,” ujarnya.

“Saya berharap, para atlet pelajar daerah tidak menyia-nyiakan pekan olahraga bergengsi ini. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Pekan Olahraga Pelajar Daerah tingkat Provinsi Kalsel. Saya menyatakan resmi dibuka, ” ucapnya, sesaat itu pelepasan balon warna-warni oleh seluruh kontingen daerah.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan yang juga sebagai Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs. H. Hermansyah berterima kasih kepada Gubernur Kalsel atau Paman Birin berkenan hadir di tengah kesibukannya untuk membuka acara POPDA Provinsi Kalsel.

“Kami sampaikan selamat datang para seluruh atlet pelajar daerah di Bumi Antaludin atau Bumi Rakat Mufakat ini. Kali ini mengusung tema: Bergerak untuk Meningkatkan Prestasi Olahraga Pelajar Kalimantan Selatan,” ungkap Hermansyah.

Popda Kalsel 2024, Senin (13/5/2024) di lapangan Stadion 2 Desember Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). (Foto: Adpim Setdprov Kalsel/katajari.com)

Dalam kesempatan itu, Hermansyah mengatakan sejumlah peserta yang mengikuti sebanyak 1338 orang atlet pelajar se-Kalsel. Kemudian, 266 pelatih dan tim official klub sekitar 83 orang.

“Dan seluruh perangkat pertandingan sebanyak 168 orang. Sehingga ditotalkan dalam pertandingan lomba olahraga ini sebanyak kurang lebih 2.000 orang,” bebernya.

Hermansyah berharap, kegiatan ini dapat mencetak sejumlah atlet olahraga yang profesional, kompeten dan berdedikasi untuk daerah Kalimantan Selatan.

Selama ini, berkat dorongan Gubernur Kalsel atau Paman Birin yang konsisten mendorong terhadap dunia keolahragaan di Banua.

“Sebab itu, sebentar lagi akan selesai pembangunan Gedung Olahraga atau GOR dengan nama Gelora Paman Birin di Banjarbaru. Even seperti ini, semoga akan meningkatkan perekonomian dari masyarakat,” tutupnya.

Diketahui bahwa POPDA Provinsi Kalsel ini memperebutkan 206 medali, terdiri 55 medali emas, 55 medali perak dan 96 medali perunggu. (adpim/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *