Kalimantan Selatan Juara 1 Petugas Inseminator Tingkat Nasional

Nasional1,361 Views

Katajari.com Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih prestasi sebagai Juara I Petugas IB atau Inseminator Tingkat Nasional atas nama Gumono, S.Pt, petugas Inseminator dari Kabupaten Tapin.

Gumono meraih Juara I Nasional untuk katergori Inseminator Wilayah Dominan Inseminasi Buatan (IB) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor: 11793/KPTS/HK.160/F/11/2022 Tentang Penetapan Pemenang Lomba Petugas Reproduksi Ternak Berprestasi Tahun Anggaran 2022.

Penyerahan penghargaan ini disampaikan pada malam Anugerah IB dan Transfer Embrio/ET Award 2022 di salah satu hotel di Kota Bogor, Kamis (24/11/2022).

Turut hadir mendampingi penyerahan penghargaan tersebut, yang mewakili Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Kadisbunnak) Suparmi yaitu Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rina Savita dan Kepala Seksi Perbibitan, Hamidah serta pendamping dari Dinas Pertanian Kabupaten Tapin.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) sejak tahun 2020 Program Sapi dan Kerbau Komuditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) melalui kegiatan optimalisasi reproduksi sebagai upaya meningkatkan populasi sapi/ kerbau dan produksi daging guna mewujudkan Swasembada Daging Nasional.

Melalui SIKOMANDAN, Kalimantan Selatan mampu melahirkan pedet/anak sapi sebanyak lebih dari 28.000 ekor setiap tahunnya sehingga populasi ternak sapi/ kerbau dan produksi daging di Kalimantan Selatan selama 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan.

Keberhasilan SIKOMANDAN di Kalsel ini tentunya atas peran dan dedikasi dari para petugas Inseminasi Buatan (IB) atau Inseminator untuk selalu komitmen menunjukkan kinerja terbaiknya dalam pelaksanaan kegiatan optimalisasi reproduksi di Kalimantan Selatan.

Pemerintah Pusat melalui Ditjen PKH juga rutin melaksanakan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Reproduksi yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi petugas-petugas terbaik se Indonesia.

Penghargaan yang rutin setiap tahun diterima oleh Kalsel ini sebagai bentuk komitmen Disbunnak menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor untuk selalu menunjukkan kinerja terbaiknya pada setiap bidang tugas yang diemban,termasuk menciptakan Petugas/ SDM yang profesional dan berintegritas tinggi.

Penghargaan ini diberikan setelah melalui serangkaian penilaian kinerja petugas yang dilakukan sejak bulan Agustus 2022, salah satu aspek penilaian adalah jumlah realisasi IB yang dilaporkan melalui Integrated Sistem Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS).

Berdasarkan iSIKHNAS, Gumono telah melakukan pelayanan IB kepada peternak sebanyak 985 kali sepanjang tahun 2021 dan 2022 di Kabupaten Tapin.

Penghargaan diberikan Pemerintah kepada Gumono bersama delapan inseminator lainnya yang terpilih dari berbagai Provinsi di Indonesia dan langsung diserahkan oleh Dirjen Peternakan dan kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc.

Tinggalkan Balasan