oleh

Launching Uang Baru di Kalimantan Selatan, Gubernur Dapat Seri Khusus Ulang Tahun

Katajari.com Hari ini Kamis (18/8/2022) Bank Indonesia secara resmi meluncurkan pecahan Uang Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 hari di Jakarta. Khusus di Banua, launching 7 pecahan uang baru ini dilakukan di Kiram Park Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Bank Indonesia perwakilan Kalsel.

Dalam launching itu dihadiri Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin serta pimpinan Forkopimda Kalsel.

Dalam acara itu, secara simbolis BI Kalsel menyerahkan 7 pecahan uang baru uang siap diedarkan. Dan Kalsel adalah provinsi pertama yang langsung diserahkan Kamis ini setelah launching di Jakarta pada hari yang sama.

Istimewanya lagi, secara khusus Imam Subarkah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan uang baru dari Rp100 ribu sampai Rp1000 dengan seri khusus yang menandakan tahun lahir Paman Birin.

“Pak Gubernur, mohon diterima ini ada uang dengan nomor seri khusus. Mohon untuk bisa disimpan dijadikan koleksi,” kata Imam seraya menyerahkan uang baru dengan seri khusus.

Imam Subarkah menjelaskan, uang pecahan baru ini mudah dikenali, sulit dipalsukan dan memiliki ketahanan yang lebih lama.

“Per hari ini, masyarakat bisa melakukan penukaran melalui Bank Indonesia maupun bank bank lainnya,” terang Imam.

Sebagai informasi, ketujuh pecahan Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang Tahun Emisi (TE) 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut, dimaksudkan agar uang rupiah kian mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan . Dengan begitu, uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.

Komentar

Tinggalkan Balasan