Mitch Evans Jawara, Kutukan Vergne Masih Berlanjut

Olahraga7,107 Views

Katajari.com Pembalap Jaguar TCS Racing, Mitch Evans keluar sebagai pemenang dalam balapan mobil listrik Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022, Sabtu (4/6/2022).

Dalam balapan di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara itu, Mitch Evans keluar sebagai pemenang usai bertarung sengit dengan driver DS Techeetah Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara (Rokit Venturi Racing).

Momen kunci kemenangan Evans terjadi pada menit ke-39 balapan. Evans kala itu berhasil menyalip Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) di Tikungan 7 JIEC untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Sejak saat itu, ia tidak lagi terkejar hingga garis finis oleh pebalap-pebalap lainnya. Alhasil, Mitch Evans menjadi pemenang pertama di sirkuit JIEC.

Vergne yang merupakan peraih pole position di Jakarta E-Prix 2022 harus puas finis kedua meski sempat memimpin balapan sekitar 35 menit. Hasil ini membuat kutukannya berlanjut di mana dari sembilan balapan, dia tak pernah menang.

Sebelumnya, Vergne sempat merebut pole position di seri kelima di Roma, Italia, sebelum akhirnya cuma finis di posisi kedua.

Sementara Mortara yang sempat kesulitan di awal balapan, berhasil mengamankan posisi ketiga kendati di lap terakhir sempat memiliki kans untuk menyalip Vergne untuk tempat kedua.

Kemenangan ini membuat Mitch Evans sukses menambah 26 poin dari Jakarta E-Prix. Dia diganjar 25 poin hasil dari finis terdepan dan satu poin tambahan karena merebut lap tercepat.

Hasil ini membuat Mitch Evans menipiskan jarak poin dari tiga pebalap di atas yakni Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ), Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) dan Eduardo Mortara (Rokit Venturi Racing) yang berturut-turut menguni posisi tiga besar klasemen.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Indonesia khususnya Jakarta menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik tersebut. Antusias masyarakat menyaksikan balapan terbilang cukup hebat.

Sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB penonton sudah memadati kawasan (JIEC). Selain balapan, ada berbagai hiburan disiapkan oleh panitia acara.

Sekedar informasi, balapan Formula E tidak menggunakan jumlah putaran atau lap melainkan waktu tempuh untuk menentukan pemenang. Waktu balapan Formula E adalah 45 menit + 1 lap.

Jalannya balapan

Jean-Eric Vergne selaku pembalap yang start terdepan langsung tampil menggebrak di sejak awal balapan. Dia terus memimpin jalannya balapan untuk meninggalkan rombongan besar driver di belakangnya.

Pembalap asal Prancis yang sebelum seri Jakarta E-Prix belum pernah meraih podium pertama itu, relatif tampil tanpa perlawanan dari pebalap-pebalap di belakangnya.

Namun, 35 menit balapan berjalan, Vergne mendapatkan gangguan dari Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing. Evans tampil memukau dan sempat sukses menjalankan strategi “Attack Mode” tanpa harus kehilangan posisinya.

Dia bahkan sempat mencatatkan lap tercepat dengan 1 menit 09,786 detik ketika balapan tinggal menyisakan sekira 9 menit.

Kondisi itu membuat jarak antara Vergne dan Evans menjadi sangat dekat yakni sekitar 0,463 detik saja.

Delapan menit waktu tersisa, balapan Formula E Jakarta 2022 praktis menjadi pertarungan kedua pebalap.

Enam menit plus waktu tersisa, Evans berhasil menyalip Vergne di sektor ketiga Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC).

Vergne yang tampil apik sejak sesi latihan bebas kedua tak mau menyerah begitu saja. Dia coba menyerang Evans untuk kembali merestorasi posisinya.

Di periode tambahan waktu, Evans mendapat serangan dari Vergne. Dia kelihatan susah payah untuk terus menjaga posisi terdepan.

Tercatat, ada tiga pembalap yang bersaing di lap terakhir. Evans terus diikuti oleh Vergne dan Mortara sebelum berhasil finis terdepan. (suara.com)

Tinggalkan Balasan