Pisah Sambut Kapolda Kalsel, Gubernur Birin Harapkan Sinergitas Semakin Solid

Katajari.com Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan (Kalsel), Brigjen Pol Andi Rian R Djajadi menggelar acara malam pisah sambut dengan pejabat lama, Irjen Pol Rikhwanto di Banjarmasin, Jumat (21/10/2022) malam.

Turut hadir, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Hj Raudatul Jannah Sahbirin, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK bersama Hj Faridah Supian, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel HM Tambrin sekaligus pembaca doa, dan anggota Forkopimda lainnya.

Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin, menyampaikan penghargaan kepada Rikhwanto yang bertugas di Kalsel selama 1 tahun 11 bulan, karena berhasil menjalin sinergi yang baik dengan semua pihak terkait.

Untuk Kapolda yang baru, Paman Birin berharap soliditas kian kuat, agar keamanan dan ketertiban di Banua kian terjaga.

Paman Birin pun tidak meragukan kemampuan Kapolda Andi Rian yang mampu membawa Kalsel lebih baik dengan pengalaman kerjanya.

Dikatakan Paman Birin, faktor keamanan memang menjadi hal penting dalam mendukung kelangsungan pembanguan yang digerakkan pemerintah.

Sementara, Andi Rian dalam sambutannya mengatakan, prestasi yang dicapai Kapolda sebelumnya akan menjadi motivasi dirinya untuk bekerja lebih baik dalam menjalankan tugasnya di Bumi Lambung Mangkurat ini.

Selanjutnya, kepada seluruh jajaran Polda Kalsel, dirinya minta terus bersemangat dalam memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

Selanjutnya, Rikhwanto yang diminta menyampaikan kesannya, berharap jajaran Polda Kalsel memberi dukungan penuh kepada Kapolda yang baru, seperti yang diberikan kepadanya selama mengabdi di Kalsel.

Berbagai peristiwa seperti unjuk rasa, dapat diselesaikan dengan baik bersama Gubernur Kalsel dan DPRD setempat serta forkopimda lainnya.

Rikhwanto yang dimutasi ke Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri itu, juga mengaku sangat berkesan selama bertugas di Kalsel sembari meminta maaf jika ada kesalahan yang ia perbuat.

“Fokopimda Kalimantan Selatan yang paling solid yang pernah saya temui,” ujar Rikhwanto yang selanjutnya menerima piagam penghargaan dan cendera mata dari Kapolda, Gubernur dan Ketua DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, dan berbagai pihak lainnya.

Sebelumnya, dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) Brigjen Pol Andi Rian R Djajadi dengan Irjen Pol Rikhwanto keduanya di Mabes Polri, Selasa (18/10/2022), setelah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Brigjen Pol Andi Rian R Djajadi sebagai Kapolda Kalsel.

Upacara pisah sambut sebelumnya dilakukan, Kamis (20/10/2022) pagi di halaman Mapolda Kalsel yang dihadiri seluruh pejabat utama Polda Kalsel.

Di Kalsel, khususnya di Kabupaten Kotabaru, nama Andi Rian memang sudah tak asing lagi, lantaran 26 tahun lalu ia pernah menjabat sebagai Kapolsek Batulicin Kotabaru (sebelum pemekaran Kabupaten Tanah Bumbu).

Andi Rian sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Andi Rian merupakan jenderal polisi bintang satu yang memiliki jejak karir di bidang reserse.

Andi Rian berpengalaman menangani kasus-kasus kriminal di berbagai wilayah sebelum akhirnya ditarik untuk menjabat di Mabes Polri.

Andi tercatat menyelesaikan studinya di Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 lalu menapaki beberapa karirnya di Provinsi Sumatera Utara.

Ia pernah menjabat Kasat Narkoba di Polrestabes Medan, menjadi Kapolres Tebing Tinggi, Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, kemudian Dirkrimum Polda Sumut.

Setelah itu, Andi Rian ditarik ke Mabes Polri, ditunjuk menjadi Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirtipidum) Bareskrim Polri.

Di Mabes Polri, ia pernah menjabat Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Karo Korwas PPNS), kemudian menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri pada 17 November 2020, menggantikan posisi Ferdy Sambo yang diangkat menjadi Kadiv Propam Polri.

Tinggalkan Balasan