Tabung Gas Pink Naik, Simak Daftar Harga LPG Non Subsidi

Nasional1,732 Views

Katajari.com Pemerintah resmi menaikkan harga LPG non subsidi mulai Minggu, 27 Februari 2022. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Irto Ginting mengatakan bahwa penyesuaian harga tersebut dimaksudkan untuk mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas. Berikut ini daftar harga LPG non subsidi terbaru.

Pertamima memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga setelah mempertimbangkan kondisi serta kemampuan pasar LPG non subsidi. Berdasarkan keputusan terbaru harga LPG non subsidi terbaru saat ini sekitar Rp 15.500 per kilogram.

Harga tersebut terbilang masih sangat kompetitif dibandingkan dengan berbagai negara di Asean.

Kenaikan harga tabung gas pink atau gas LPG non subsidi dilakukan karena mengikuti kenaikan harga Contract Price Aramco (CPA).

Berdasarkan catatan terbaru, saat ini harga CPA telah mencapai US$ 775 per metrik ton. Artinya CPA mengalami kenaikan sebesar 21 persen dari harga rata2 CPA sepanjang tahun 2021.

Namun untuk LPG subsidi dengan berat 3 kg tidak ada perubahan harga baik di agen maupun dipenjual eceran. Harganya masih mengacu kepada Harga Eceran Tertinggi [HET] yang telah ditetapkan pemerintah daerah setempat.

Mengutip dari laman pertamaina.com, berikut ini daftar harga LPG non subsidi terbaru:

1. Bright Gas 5,5 Kg harga Rp 88.000 dan Bright Gas 12 Kg/Elpiji 12 Kg harga  Rp 187.000 

Harga tabung gas pink naik ini berlaku untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, Baten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Meliputi Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Cianjur, Garut, Indramayu, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Boyolali, Cilacap, Demak, Kudus, Pemalang, Semarang, Solo, dan Tegal.

Selain itu, juga berlaku di wilayah Bantul dan Sleman DIY Yogyakarta, Jawa Timur serta Nusa Tenggara Barat meliputi Banyuwangi, Gresik, Kediri, Malang, Ngawi, Pamekasan, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Tulungagung, dan Lombok.

2. Bright Gas 5,5 Kg harga Rp 91.000 dan Bright Gas 12 Kg/Elpiji 12 Kg harga Rp 189.000 

Harga tabung gas pink tersebut berlaku untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Sulawesi Selatan dan juga  Sulawesi Tengah.

3. Bright Gas 5,5 Kg harga Rp 94.000 dan Bright Gas 12 Kg/Elpiji 12 Kg harga Rp 197.000

Harga tersebut berlaku untuk wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

4. Bright Gas 5,5 Kg harga Rp 104.000 dan Bright Gas 12 Kg/Elpiji 12 Kg harga Rp 223.000 

Harga LPG non subsidi tersebut hanya berlaku untuk wilayah Kalimantan Utara.

5. Bright Gas 5,5 Kg harga Rp114.000 dan Bright Gas 12 Kg/Elpiji 12 Kg harga Rp243.000

Harga LPG non subsidi tersebut berlaku hanya untuk wilayah Maluku.

Demikianlah daftar harga LPG non subsidi terbaru. Semoga bermanfaat! (suara.com)

Tinggalkan Balasan