Banjar  

Bupati Banjar Menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Banjarbaru

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Tahun 2025, Kamis (7/3/2024) di Banjarbaru. (Foto: Bappedaitbang Kabupaten Banjar/Katajari.com)

Katajari.com Bupati Banjar H. Saidi Mansyur membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Tahun 2025, Kamis (7/3/2024) di Banjarbaru.

Dihadiri oleh Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al Habsyi, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman, Forkopimda, SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, tokoh masyarakat

“Pentingnya kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2025 sebagai wadah komunikasi dan koordinasi dalam merumuskan rencana pembangunan di Kabupaten Banjar,” kata Bupati Banjar.

Musrebang dalam upaya menjawab isu-isu strategis pembangunan, partisipasi seluruh pihak termasuk masyarakat sangatlah penting.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga mengajak semua pihak yang hadir untuk turut aktif dalam memberikan saran dan masukan terhadap prioritas pembangunan di tahun 2025 mendatang.

Dengan demikian, rencana pembangunan yang akan dirancang dapat lebih relevan dan mengakomodasi kebutuhan serta aspirasi masyarakat.

“Hasil Musrenbang RKPD ini agar dapat menjadi panduan dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara merata,” ucapnya.

Mengutamakan pada sektor-sektor yang menjadi fokus utama, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan, diharapkan dapat menjadi pijakan dan pedoman bagi pelaksanaan pembangunan di masa yang akan datang.

“RKPD 2025 merupakan tahun keempat bagi Pemkab Banjar dalam upaya pencapaian misi terwujudnya Kabupaten Banjar yang MANIS atau Maju, Mandiri dan Agamis,” bebernya.

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur sampaikan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Tahun 2025, Kamis (7/3/2024) di Banjarbaru. (Foto: Bappedalitbang Kabupaten Banjar/katajari.com)

Untuk itu, penyusunan RKPD tahun ini harus lebih cermat dan terintegratif serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah dan masyarakat Kabupaten Banjar secara tepat.

Ditambahkan Saidi Mansyur,  ada lima program prioritas pembangunan di tahun 2025 yaitu meningkatkan ekonomi inklusif berbasis pertanian/perikanan dan pariwisata.

Kemudian, meningkatkan kualitas SDM yang berkarakter, meningkatkan layanan infrastruktur dasar, optimalisasi tata kelola pemerintahan, dan meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur  juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan RKPD Tahun 2025 ini.

Ia mengakui bahwa rencana pembangunan ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, namun dengan kerja sama dan tekad bersama, Kabupaten Banjar akan mampu menghadapi tantangan pembangunan di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar membagikan penghargaan secara simbolis kepada SKPD dan Kecamatan atas hasil kinerja perangkat daerah di tahun 2023.

Di sesi lain kegiatan Musrenbang RKPD, digelar diskusi yang dipandu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Bersama narasumber Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman dengan paparan arah kebijakan Kabupaten Banjar, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan H. Ariadi Noor tentang kesiapan Provinsi Kalimantan Selatan dalam kesiapan logistik IKN.

Juga, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Nashrullah Shadiq, S.Hut., M.Si tentang rancangan RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2025 dan Wakil Ketua DPRD Banjar Ahmad Rizani Anshari. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *