Empat Kali Sepekan Layanan Klinik Jantung di RSD Idaman Kota Banjarbaru

Banjarbaru1,366 Views

Katajari.com Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi momok setiap orang, karena saat diagnosa ternyata bisa jadi berisiko tinggi. Pemeriksaan terhadap penyakit jantung, RSD Idaman Kota Banjarbaru telah memiliki layanan klinik jantung.

Dipaparkan Direktur RSDI Banjarbaru dr Danny Indrawardhana MMRS diwakili Kepala Unit Humas Andri Hamidansyah, untuk poli layanan penyakit jantung ini RSD Idaman membuka layanan empat kali dalam sepekan.

“Kami membuka layanan klinik jantung pada Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat,” cetusnya, pekan tadi.

Jadwal buka poli layanan penyakit jantung, ialah pukul 08.00 Wita sampai 12.00 Wita, kemudian Jumat hanya sampai pukul 10.00 Wita.

Penyakit jantung dulunya dinilai hanya menimpa orang orang tua namun kini orang berusia muda juga dapat terserang penyakit yang menjadi momok kematian dan peringkat tinggi sebagai penyebab kematian di Indonesia.

Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) menyebutkan kalau tahun 2014-2019 penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Karenanya, sambung Andri, sangat disarankan masyarakat memeriksakan diri ke klinik layanan penyakit jantung atau dokter spesialis jantung bilamana mengalami hal-hal yang diduga mengarah sakit jantung.

Ada beberapa gejala seseorang mengalami penyakit jantung, pola hidup yang tak sehat kerap dituding sebagai faktor pemicu terkena gagal jantung.

Gagal jantung sendiri merupakan kondisi saat otot jantung cukup melemah. Akibat dari kondisi ini, organ ini tidak mampu lagi memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang seharusnya.

Meski bisa terjadi pada siapa saja, penyakit ini disebut lebih sering terjadi pada orang yang berusia lanjut.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Penanganan yang cepat akan menurunkan risiko terjadinya komplikasi berbahaya. Penanganan penyakit ini bertujuan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kekuatan jantung.

“Jika mengalami beberapa gejala nyeri dada yang menjalar, sebaiknya tidak tunggu lama segera periksakan diri kesehatan Anda. Penanganan segera supaya tidak bertambah parah,” katanya.

Tinggalkan Balasan