Fadliansyah Mendesak PT Air Minum Intan Banjar Bantu Distribusi Air Bersih Warga Banjarbaru

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru periode 2019-2024, Fadliansyah Akbar. (Foto: Media Center Kalsel/Katajari.com)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru periode 2019-2024, Fadliansyah Akbar. (Foto: Media Center Kalsel/Katajari.com)

Katajari.com – Fadliansyah Akbar selaku Ketua DPRD Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendesak PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) memberikan bantuan penyaluran air bersih kepada warga Kota Banjarbaru.

Desakan permintaan ini cukup beralasan karena musim kemarau yang berkepanjangan dan sulitnya mendapatkan air bersih dengan sumur juga mulai mengalami kekeringan.

“Kami meminta kepada PT Air Minum Intan Banjar supaya membantu masyarakat Kota Banjarbaru yang tengah kesulitan mendapatkan air bersih sehingga mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari,” katanya, Kamis (7/9/2023).

Disebutkan Fadliansyah, pihaknya banyak menerima informasi dan keluhan warga yang mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau sejak dua bulan terakhir.

Untuk itulah Fadliansyah menyarankan pihak PT Air Minum Intan Banjar berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru untuk menyalurkan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

“Masyarakat harus dibantu, apalagi air adalah kebutuhan dasar setiap manusia, sehingga harus dipenuhi untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak pernah lepas dari keberadaan air bersih,” ungkapnya.

Ditekankan Fadliansyah, desakan permintaan agar PT Air Minum Intan Banjar membantu air bersih warga Banjarbaru, karena kantor perusahaan air minum ini berada di Kota Banjarbaru, juga jumlah pelanggan di Kota Banjarbaru mencapai puluhan ribu.

“Jadi wajar PT AM Intan Banjar memberi bantuan air bersih karena berkantor di Banjarbaru dan sebagai besar pelanggan berada di wilayah Kota Banjarbaru dan mereka sangat kesulitan air,” tuturnya.

Selain itu Pemko Banjarbaru merupakan pemegang saham dan memberikan penyertaan modal kepada PT Air Minum Intan Banjar.

Fadliansyah menyarankan, PT Air Minum Intan Banjar memperbesar diameter pipa sehingga distribusi air bersih dapat terbagi merata bagi pelanggan di Kota Banjarbaru, terlebih saat warga kesulitan air karena dampak kekeringan seperti saat ini.

“Jika kondisinya memungkinkan maka jaringan pipanisasi diameter kecil, diperbesar supaya suplai air bersih terbagi merata ke masyarakat, khususnya wilayah Banjarbaru dan kabupaten Banjar,” katanya.

Direktur Umum PT Air Minum Intan Banjar Abdullah Saraji yang dikonfirmasi menyatakan kesiapan membantu air bersih bagi warga  kesulitan air ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD untuk mengatasi kesulitan air.

“Kami sudah menerima surat dari BPBD Kota Banjarbaru berisi permintaan air bersih yang didistribusikan kepada warga. Silakan mengambil air bersih di IPA I Bundaran STM Banjarbaru sesuai kebutuhan di lapangan,” katanya. (antara/kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *