oleh

Informasi Valid Kebencanaan dan Cegah Hoax, TRC IKB Dibentuk di Kabupaten Banjar

-Banjar-1.536 views

Katajari.com Guna memberikan informasi yang valid dan mencegah berita hoax dalam penyebaran Info kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 02 Kabupaten Banjar dan pihak terkait, membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Informasi Komunikasi Bencana (IKB) Kabupaten Banjar.

Sekretaris BPBD Banjar Sufrianto saat ditemui usai pelantikan dan pengukuhan TRC IKB RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar masa bakti 2021-2025 di kantornya, Sabtu (19/3/2022) pagi mengatakan, Kabupaten Banjar banyak memiliki potensi bencana seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan kekeringan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar Sufrianto, Sabtu (19/3/2022). (Foto: ist)

Terbentuknya tim TRC IKB RAPI dinilainya sangat membantu dalam memberikana informasi yang benar kepada masyarakat tentang kebencanaan di Kabupaten Banjar.

“BPBD sendiri memiliki tenaga penanggulangan bencana cukup terbatas pada jumlah. Pembentukan tim ini bisa membantu dari mulai komunikasi kebencanaan ke masyarakat. Apalagi jika ada informasi hoax mengenai info bencana” ujarnya.

Sufrianto menambahkan di masa mendatang informasi valid akan memudahkan pencegahan maupun penanggulangan bencana.

Sarana dan prasarana pun didukung oleh BPBD Kabupaten Banjar. Terkait soal pelatihan ke depan, sebagaimana diharapkan TRC IKB Kabupaten Banjar akan ditindaklanjuti oleh pihaknya.

“Selanjutnya akan kami tindak lanjuti tentang permintaan pelatihan bagi TRC-IKB,” imbuhnya.

Ketua RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar Badarudin mengatakan, ia turut mengapresiasi dan memberikan dukungan terbentuknya TR IKB Kabupaten Banjar.

“Apalagi juga didukung dinas terkait seperti BPBD, Dinas Kominfo, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. Ada pula dari DPRD Kalsel dan Kepolisian,” jelasnya.

Badarudin berharap, TRC-IKB yang dilantik bisa membantu masyarakat sebagai perpanjangan tangan dari Pemkab Banjar dalam hal memberikan informasi awal adanya bencana alam.

“Terutama di wilayah yang tidak terjangkau signal telepon seluler sehingga radio diperlukan untuk komunikasi dan penyampaian informasi cepat dan tepat,” katanya.

Mendapatkan amanah sebagai Ketua TRC IKB Kabupaten Banjar Muhammad Wildan SP MP (JZ 19 GWL), Sekretaris Fachrul Razi MZ (JZ 19 GFR), Bendahara Khairul Saleh (JZ 19 GHL), ditambah koordinator lapangan pada setiap kecamatan.

Sedangkan Panasihat TRC IKB Kabupaten Banjar adalah Faisal ST MT, Khairunnisa SE (Leo), Zainal Ariffin SKM (JZ 19 GZI).

Komentar

Tinggalkan Balasan