Banjar  

Jalan Albasia Martapura Kini Semakin Bertambah Lebar

Infrastruktur Jalan Albasia Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar semakin bertambah lebar dengan diratakannya median tengah jalan setempat. (Foto: Katajari.com)
Infrastruktur Jalan Albasia Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar semakin bertambah lebar dengan diratakannya median tengah jalan setempat. (Foto: Katajari.com)

Katajari.com Infrastruktur Jalan Albasia Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar semakin bertambah lebar dengan diratakannya median tengah jalan setempat.

Tidak adanya median jalan di Jalan Albasia yang menjadi pemisah jalur berlawanan arah bagi kendaraan bermotor, jalan pun semakin lebar.

Semula lebar masing masing diperkirakan berkisar 3,5 meter, kini dua sisi itu sudah bertambah lebarnya.

Sebelumnya lebar keseluruhan sekitar 7 meter dengan adanya median jalan, setelah median jalan itu diratakan nyaris mencapai 8 meter.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, Jimmy yang dikonfirmasi mengatakan, pelebaran Jalan Albasia sesuai usulan masyarakat.

Selain tingginya kepadatan pengguna jalan dan arus lalu lintas, sebagian tepi jalan juga terkadang digunakan sebagai tempat mangkal kendaraan bermotor.

“Lebar jalan sebelumnya dengan adanya kansteen cukup sempit, sementara lalu lintas harian yang melewati jalan tersebut cukup tinggi,” katanya, Selasa (23/1/2024).

Kanstin atau Kansteen adalah pembatas trotoar adalah suatu tepi tempat trotoar yang ditinggikan atau median jalan/reservasi tengah bertemu dengan jalan atau jalan raya lainnya.

Diratakannya kansteen atau median di tengah Jalan Albasia juga mendukung kelancaran pengguna jalan, yang saat itu mendekati pelaksanaan Haul ke 19 Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini Ghani).

“Semula kami tidak yakin ini bisa dikerjakan, tapi tiga atau empat hari pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul, Jalan Albasia sudah bisa dilebarkan dan diaspal,” ungkapnya.

Jadi, Jalan Albasia sepanjang sekitar 300 meter yang menjadi penghubung Jalan A Yani dan Jalan Menteri Empat sudah diperlebar untuk menambah kelancaran arus lalu lintas setempat. (kjc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *